Covid-19

Ada Tambahan Nakes Terpapar Covid, Penutupan Layanan IGD RSUD Batam Diperpanjang

Novita (f.dalil/batampos.id)

batampos.id – Manajemen rumah sakit umum daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji memperpanjang masa penutupan layanan instalasi gawat darurat (IGD), Jumat (20/11/2020) pagi. Ini menyusul terjangkitnya Covid-19 terhadap sejumlah petugas yang bertugas di layanan tersebut.

Penutupan layanan IGD ini semulanya direncanakan hanya tiga hari dimulai Selasa (17/11/2020) lalu, namun belakangan adanya penambahan jumlah pasien Covid-19 dari cluster nakes tersebut sehingga, penutupan diperpanjang lagi dengan hingga waktu yang tak ditentukan.

“Iya belum (dibuka). Masih tutup sampai petugas semuanya dinyatakan sembuh,” ujar Humas RSUD Embung Fatimah Batam Novita, Jumat (20/11/2020).

|BACA JUGA: 4 Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Layanan IGD RSUD Batam Kembali Tutup

Penutupan ini sebut Novi sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan rumah sakit. “Kasian juga kalau tetap dibuka. Nanti pasien yang datangnya bersih (Covid-19) malah terjangkit. Itu yang kita antisipasi agar tak meluas wabah ini,” kata Novi.

Terkait jumlah pasti nakes yang terpapar Covid-19, Novi enggan menyebutkan sebab kewenangan menyampaikan data dan jumlah pasien Covid-19 ada di gugus tugas penanganan Covid-19 kota Batam. “Kalau jumlahnya nanti ke gugus saja ya,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, layanan lain seperti poli rawat jalan dan rawat inap tetap beroperasi seperti biasa. Pasien yang datang berobat juga cukup banyak dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (*)

Reporter: Eusebius Sara
Editor: Tunggul