Ekonomi & Bisnis

Ayo Belanja di Bazar UMKM di Kantor Kelurahan Tanjungpinang Kota

Walikota Tanjungpinang Rahma saat berbelanja di bazar UMKM di Kantor Kelurahan Tanjungpinang Kota, Jumat (20/11/2020). (f.peri/batampos.id)

batampos.id-Sempena hari anti kekerasan terhadap perempuan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Tanjungpinang membuka bazar untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar tetap produktif pada masa pandemi covid-19.

Bazar itu dibuka untuk membangkitkan semangat para perempuan untuk tidak terlalu menggantungkan perekonomian kepada suami sebagai tulang punggung keluarga. Diharapkan mampu mencari penghasilan sendiri untuk mendorong perekonomian keluarganya.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan sempena hari anti kekerasan terhadap perempuan itu tentunya tidak sebatas ucapan, namun ada makna yang harus diambil. Harapannya angka kekerasan terhadap perempuan di Tanjungpinang juga mengalami penurunan.

“Kita tahu sifat perempuan terkadang lebih baik memendam apa yang dirasakan dibandingkan terjadi hal buruk pada keluarganya,” kata Rahma, Jumat (20/11/2020). Rahma menyebutkan saat ini perempuan pada masa yang lebih canggih seperti saat ini sudah bisa mengisi waktu dengan cara membuka usaha agar tidak ketergantungan pada penghasilan suaminya.

“Dengan adanya usaha, saat seorang perempuan mendapat tindakan kekerasan tidak baik dari suami atau orang lain ia tidak lagi terfokus pada masalah itu melainkan pada usaha yang dijalani,” ujar Rahma.

Rahma berpesan kepada perempuan di Tanjungpinang untuk menjadi diri yang tangguh, tidak mudah menyerah, selalu bersemangat, untuk mencapai kondisi yang lebih baik dalam berkeluarga. Walaupun pada dasarnya hidup tidak akan terlepas dari cobaan. “Tentu dan suka dan dukanya,” tutur Rahma.

Saat ini sudah ada undang-undang memberi kesempatan kepada perempuan untuk membangun bersama dalam pembangunan negeri. Rahma mengapresiasi kepada perempuan di Tanjungpinang yang bisa bangkit dalam keterpurukan. Pada bazar yang akan dibuka tiga hari itu Rahma juga mengimbau agar ikut diramaikan oleh warga Tanjungpinang.

“Dengan berbelanja ke bazar ini sudah memberi dorongan kepada kaum perempuan untuk bersemangat dan bangkit dalam memperbaiki ekonomi keluarga,” papar Rahma. Banyak kuliner dan masakan hasil olahan yang di pamerkan pada bazar itu. Karena menurut Rahma dalam masa pandemi covid-19 setiap pelaku usaha harus bisa bangkit dengan berbagai inovasi namun tidak melupakan protokol kesehatan yaitu 3M untuk melindungi diri dan orang di sekitar. “Patuhi protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” imbaunya. (*)

Reporter: Peri Irawan
Editor: Tunggul