Lingga

Petani Lingga Dilatih Penggunaan Air yang Benar

batampos.id– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Balai Wilayah sungai sumatera IV memberitakan pelatihan kepada seluruh Perkumpulan Petani Pemakaian Air (P3A) sekaligus memberikan Pengembangan Tata Guna Air (PTGA) di Aula Lingga Pesona belum lama ini.

Menurut Kasubdit Wilayah I, Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan, Elroy Koyari, pelatihan ini sebagai bentuk peningkatan kepada seluruh petani pengalokasian air agar dapat menggunakan air secara baik dan benar yang digunakan untuk pengairan persawahan yang mereka miliki.

“Dalam pelatihan ini juga diajarkan terkait tata cara mempergunakan air sebagai mungkin untuk kesejahteraan petani pada umumnya,” kata Elroy Koyari.

Lebih lanjut Elroy menjelaskan undang-undang yang baru yakni dalam undang-undang 17 tahun 2019 tentang sumber daya lain dan UU lama nomor 33 tahun 2007 tentang pedoman pemberdayaan air (P3A) telah mengatur itu. Untuk itu paling penting dalam P3A itu adalah harus bisa menganalisa program yang akan dilakukan terkait dalam pengembangan sumber daya air.

“Jadi kita berharap dengan adanya pelatihan ini, bisa menambah kemampuan dan materi kelompok – kelompok P3A dalam mengelola daerah irigasi,” ujar Elroy.

Dalam kesempatan itu, seluruh petani yang tentunya berisikan atau memerlukan air sangat antusias untuk menyaksikan seluruh pelatihan tersbut. Sehingga penggunaan air di Kabupaten Lingga dapat dilaksanakan atau berjalan dengan baik dan semestinya. (*)

Reporter: Wijaya Satria
Editor: Tunggul