Karimun

Ketangkap Tak Pakai Masker, Warga Kundur Didenda dan juga Ada Dihukum Sapu Jalan

Warga yang terjaring razia tidak mengenakan masker diambil identitas diri oleh anggota Sat Pol PP Kundur. (f.imam/batampos.id)

batampos.id – Tim gugus tugas covid 19 Kecamatan Kundur mulai bertindak tegas terhadap warga yang belum patuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Hal itu terlihat banyaknya warga yang terjaring dalam razia yang digelar tim gugus tugas gabungan TNI, Polri, Sat Pol PP, Dishub, dan Puskesmas Tanjungbatu Jumat (20/11/2020).

|BACA JUGA: Ketahuan Tak Pakai Masker,  Warga Kundur, Karimun ”Dihukum” Bersih-Bersih Pasar

Sebanyak 39 warga terjaring razia bukti mereka tidak mengenakan masker saat berkendaraan. Mereka langsung diambil identitasnya dan dijatuhi sanksi, 26 orang diantaranya dikenakan sanksi sosial menyapu jalan. Sedangkan 13 orang sisanya membayar denda sebesar Rp 50.000 per orang. Razia digelar di Jalan Merdeka, Pasar Mutiara Tanjungbatu sampai di depan Balai Pemuda Seni dan Budaya.

“Mereka terbukti telah melanggar peraturan Bupati nomor 49 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Sanksi yang diterapkan sesuai dengan Perbup tersebut, “kata Saifullah, Camat Kundur.

Lebih lanjut dikatakan jika uang denda disetor ke kas daerah dan denda maupun sangsi yang diterapkan sebagai salah satu upaya agar warga patuh dan disiplin terhadap Perbup tersebut. Kita sangat sayangkan masih ada saja warga yang tidak patuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

Pantauan di lapangan selesai warga membayar denda dan menjalankan sanksi sosial tim gugus tugas tidak memberikan masker. Sehingga mereka berkendaraan tanpa mengenakan masker seperti sebelum terjaring razia. Kedepanya agar tim gugus tugas covid 19 selain menerapkan Perbup juga memberikan pembinaan dengan memberikan masker bagi warga yang melanggar Perbub tersebut. (*)

Reporter: Imam Sukarno
Editor: Tunggul