Politika

Pendidikan Gratis hingga SMK Basis Maritim, Masuk Renstra Insani Jawab Potensi Kelautan

Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri

batampos.id – Pasangan calon Gubernur dan Waki Gubernur Kepri nomor urut 2, Isdianto-Suryani (Insani), membeberkan pendidikan gratis hingga memperbanyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis kemaritiman, masuk dalam salah satu rencana strategis (renstra) mereka.

Ini dipaparkan Suryani, ketika menjawab pertanyaan panelis pada debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri yang ditaja KPU Kepri di Hotel Radisson Batam, Jumat (20/11).

Suryani mengatakan 96 persen wilayah Kepri mayoritas lautan, sehingga harus mendirikan SMK yang berbasis kemaritiman. Dengan demikian, potensi sumber daya kelautan Kepri yang begitu luas dapat dimaksimalkan untuk kemakmuran masyarakat. Serta menyerap tenaga kerja yang siap memanfaatkan potensi kemaritiman.

“Ekonomi kita belum dapat banyak dari sektor kelautan. Padahal, banyak sumber pendapatan yang bisa diolah dari kemaritiman. Labuh tambat, pasir laut, budi daya ikan, lobster, dan lainnya, ” kata Suryani.

Suryani menegaskan, misi merekqbmencoba untuk menghidupkan kembali Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mengasah kemampuan anak-anak Kepri. Sehingga, mempunyai keterampilan untuk bekerja.

Adapun Isdianto menjelaskan dengan tegas mengatakan, komitmen pasangan Insani akan memberikan biaya sekolah gratis tingkat SMA/SMK se-derajat, S1, dan S2.

“Tujuan kita memberikan beasiswa untuk melatih dan mendidik anak kita, untuk bisa terampil dalam bekerja. Kita tahu sumber daya manusia kita belum memadai, maka kita terus akan meningkatkan SDM kita,” kata Isdianto. (***)

Reporter :Anwar Saleh

Editor : Jamil Qasim