Politika

Bawaslu Karimun: Bijaklah Gunakan Medsos Bagi Para Pendukung Paslon

Ketua Bawaslu Nurhidayat foto bersama dengan Kapolres Kejaksaan Negeri Karimun usai rakor. (f.Bawaslu Karimun untuk Batampos.id)

batampos.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karimun, Kamis (19/11/2020) mengelar rapat koordinasi (rakor) bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Karimun di sekretariat Bawaslu Karimun. Dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat didampingi Komisioner Tiuridah Silitonga mengatakan, dalam rakor tersebut membahas kewenangan Bawaslu dalam tindak pidana pemilihan untuk Pilkada 2020, dalam rangka kesamaan persepsi antara Bawaslu Karimun, Polres Karimun dan Kejaksaan Negeri Karimun.

”Jadi kita rakor bersama, mengingat tidak lama lagi sudah pencoblosan dan pemungutan suara. Seperti beberapa waktu lalu, tentang Pengawas TPS yang terindikasi melanggar kode etik dan berpotensi tidak netral pada Pilkada ini. Namun, kita (Bawaslu Karimun-red) belum sempat melakukan kajian lebih dalam. anggota engawas TPS tersebut sudah mengundurkan diri atas inisiatif sendiri yang tanpa ada paksaan,” kata Nurhidayat kepada batampos.id, Jumat (20/11/2020).

Namun demikian, kondisi dilapangan masyarakat Karimun tetap kondusif walaupun didunia maya mulai bermunculan akun-akun yang menggungah status atau postingan negatif yang berpotensi merusak kekondusipan Kabupaten Karimun pada Pilkada saat ini. Maka itu, dirinya mengajak pihak kepolisian untuk intens melakukan koordinasi dalam menertibkan akun-akun anonim pembuat opini yang berpotensi memunculkan konflik.

”Saya juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karimun, agar menggunakan medsos lebih bijaklah. Silahkan, mendukung salah satu paslon dengan memberikan informasi pencerahan kepada masyarakat untuk datang ke TPS gunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Karimun AKBP M Adenan mendukung Pilkada 2020 yang kondusif, sehingga bisa terlaksanakan dengan aman proses Pilkada ini. Dan, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan dimedsos yang tidak perlu menunggu laporan dari masyarakat.

”Mari kita kerjakan tugas dan wewenang masing-masing secara professional, saling mengingatkan dan mari bersama kita kawal Pilkada Serentak 2020 supaya sukses dan aman,” ungkapnya. (*)

Reporter : Tri Haryono
Editor : Tunggul