Covid-19

Dua Staf KPU Natuna Reaktif Covid-19

Ketua KPU Natuna Junaedi Abdilah, foto sebelum pandemi covid (f.aulia/batampos.id)

batampos.id– Penyelenggaraan pemilu kepala daerah kini dikhawatirkan menjadi klaster baru dalam penularan virus Corona. Hal inilah terjadi di KPU Kepri dan mungkin di KPU KPU daerah lainnya.

Ketua KPU Natuna, mengatakan pihaknya sudah melakukan antisipasi penularan virus corona pada penyelenggaraan pemilu dengan cara melakukan massal sebelum masuknya tahapan penyelenggaraan.

“Kami sudah melakukan rapid massal seluruh penyelenggara KPU. Dua orang hasilnya reaktif, dan sekarang sudah dilakukan pengambilan swab oleh gugus tugas Covid-19. Dan melakukan isolasi mandiri,” jelasnya, Kamis (19/11/2020).

Junaedi menambahkan, saat ini baru dikhususkan 30 orang staf KPU dilakukan rapid test secara massal. Rapid test massal tidak hanya pada staf KPU. Namun akan dilaksanakan pada seluruh penyelenggara. Baik petugas TPS hingga PPK di Kecamatan-kecamatan. Bahkan KPU menyiapkan alat pelindung diri untuk penyelenggaraan pemilu.

“KPU menyiapkan alat pelindung diri untuk petugas penyelenggara, berupa masker dan sarung tangan. Terutama di 170 TPS, ada satu pasang pakaian pelindung diri untuk petugas di bilik suara, ketika mendapati warga dengan suhu tubuh yang tinggi,” ujarnya. (*)

Reporter: Aulia
Editor: tunggul