Sport

Kalahkan Thiem, Rublev Akhiri Langkah di ATP Finals

Petenis Rusia Andrey Rublev saat berlaga pada ajang ATP Finals, di O2 Arena, London, Jumat (20/11). (F. Glyn Kirk/AFP)

batampos.id – Meski gagal melaju ke babak selanjutnya, petenis Rusia Andrey Rublev mengakhiri perjalanannya di ATP Finals dengan manis. Ia berhasil mengalahkan Dominic Thiem stright set 6-2, 7-5, Jumat (20/11).

Petenis berusia 23 tahun ini tampil agresif dan berhasil memanfaatkan momen dari penampilan Thiem yang menurun. Patut disadari jika Thiem tak lagi bersemangat lantaran yang telah memastikan tempatnya di semifinal dari dua kemenangan yang diraihnya di fase penyisihan.

Dua kekalahan sebelumnya dari Rafael Nadal (Spanyol) dan Stefanos Tsitsipas (Yunani) membuat Rublev tak lolos babak lanjutan. Namun Reuters menulis Rublev berhak mendapat tambahan 200 poin peringkat ATP dan hadiah uang USD 153 ribu atau setara Rp 2,1 miliar.

Tahun 2020 menjadi musim yang indah bagi karir Rublev. Pasalnya Rublev berhasil meraih lima gelar dalam musim 2020 ini. “Saya sangat dekat di pertandingan kedua saya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tsitsipas Jaga Peluang Lolos ke Semifinal ATP Finals 2020

“Saya memiliki match point dan melakukan servis, jadi itu bisa menjadi cerita yang sangat berbeda jika saya memenangkan dua pertandingan,” kata Rublev. “Saya mungkin masih memiliki kesempatan untuk berada di semifinal. Tapi ini lah bagian dari hidup,” katanya menambahkan.

Bagi Juara Grand Slam US Open Dominic Thiem, yang menjadi runner-up di edisi ATP Finals tahun lalu, punya satu hari libur untuk mengabaikan kekalahannya dan bersiap untuk babak semifinal hari Sabtu. Ia akan menghadapi petenis nomor satu dunia Novak Djokovic atau Alexander Zverev.

“Sulit untuk mempertahankan intensitas seperti yang saya lakukan pada dua pertandingan pertama. Ketika saya tidak berada di 110 persen di turnamen ini, tidak ada peluang melawan pemain mana pun, itulah yang terjadi hari ini,” urai Thiem. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo