Ekonomi & Bisnis

Karena Covid-19, Gaikindo Turunkan Target Penjualan Mobil Jadi 525.000 Unit

ILUSTRASI: Tampilan Kia Sonet hadir dengan kesan gagah yang dilengkapi berbagai fitur.  F. Indomobil untuk Batam Pos

batampos.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebelum pandemi Covid-19, menargetkan penjualan sebesar 1 juta unit pada 2020. Target itu lantas direvisi saat daya beli masyarakat melemah. Targetnya menjadi 600.000 unit. Kini angka itu kembali disesuaikan menjadi sekitar 525.000 unit sampai akhir tahun.

“Meski sekarang ini ada indikasi ke arah positif jika dibandingkan pada Mei, memang harus diakui kondisinya masih berat,” ujar Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara Rabu (18/11).

Data Gaikindo hingga Oktober menunjukkan bahwa penjualan mobil baru mencapai angka 421.000 unit. Khusus Oktober, penjualan mencapai 49.043 unit atau hanya naik 1 persen dari September. Padahal, jika melihat satu bulan sebelumnya, persentase kenaikannya mencapai 30 persen.

Salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan adalah lewat relaksasi pajak. Sayang, usul pajak nol persen untuk mobil baru tidak diterima. Gaikindo masih berharap ada bentuk insentif lain yang bisa diberikan. Misalnya, keringanan 50 persen pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

“Tapi, kalau pemerintah punya prioritas, punya pandangan, punya pertimbangan lain, kami tidak bisa apa-apa. Kami tinggal follow saja apa yang menjadi kebijakan pemerintah,” tegas Kukuh.

Melihat revisi target yang turun 75.000 unit, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy optimistis angka itu tercapai pada akhir tahun. “Sekarang ini jumlah retail market itu 453.000 unit. Untuk mencapai 525.000 unit, kami yakin bisa,” ujar Billy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier menyatakan bahwa kinerja otomotif membaik. Itu dilihat dari peningkatan wholesales atau distribusi dari pabrik ke diler dan produksi.

PANGSA PASAR OTOMOTIF

Brand | Rata-Rata Pangsa Pasar

Toyota | 31,2%

Daihatsu | 18%

Honda | 13%

Suzuki | 12%

Mitsubishi | 10%

Keterangan: Data Januari–Oktober 2020

Sumber: Gaikindo (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung