Metropolis

Pemko Batam Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing

batampos.id – Penjabat sementara Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum membentuk tim pengawasan orang asing mulai dari tingkat lurah, kecamatan, hingga kota. Hal ini guna mengawasi dan memastikan kedatangan orang asing sesuai dengan tujuan awal.

“Kita semua perlu terlibat dan mengawasi keberadaan orang asing. Untuk itu tim ini dibentuk,” kata Syamsul usai menggelar rapat Pemantauan Orang Asing di Kota Batam di Ruang Rapat Hang Nadim Lantai 4 Kantor Wali Kota Batam, Jumat (20/11/2020).

Tugas tim ini nanti mengawasi keberadaan orang asing sesuai dengan tujuan kedatangan mereka. Pertama sistem sudah dibangun melalui aplikasi pemantauan orang asing. Sekarang sudah ada QR code, untuk memudahkan pemantauan.

Syamsul menegaskan orang asing di Kota Batam harus sesuai dengan tujuannya. Ada yang bekerja, urusan dinas, pembinaan umat apapun agamanya, dan lainnya.

“Saya beri contoh, misalnya saya pergi urusan dinas ya perginya urusan dinas. Tak boleh berceramah ataupun lainnya,” katanya.

Ia menambahkan setiap kedatangan orang asing ini harus terdata, tercatat dengan baik dan benar. Pintu utama dan pertama adalah kedutaan, konsulat jenderal dan lainnya.

“Sebelum mereka datang mereka mengajukan visa ataupun permit. Ada juga yang tanpa itu,” tuturnya.

Dengan adanya visa, tujuan orang asing dan asalnya akan terdata. Sehingga ada jejak perjalanannya. Sehingga Batam bisa mencegah adanya penyalahgunaan visa bagi mereka WNA.

“Masyarakat diminta turut melaporkan keberadaan orang asing,” imbuhnya.

Rapat dibuka secara langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin. Diikuti oleh Kabankesbangpol, Kasatpol PP, Kadisdukcapil, Disnaker, Disbudpar, Kabag Hukum, Kabag PEM dan Otda. (*)

Reporter: Yulitavia
Editor: Andriani Susilawati