Nasional

Visa Umrah Kembali Terbit, Ini Pesan Kemenag kepada Jamaah

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Oman Fathurahman. Kemenag berpesan kepada travel umrah supaya lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan. (Hilmi Setiawan/Jawa Pos)

batampos.id – Setelah sempat ditutup sementara, akhirnya visa umrah untuk jamaah asal Indonesia kembali terbit Kamis (19/11) kemarin. Kementerian Agama (Kemenag) berpesan kepada travel umrah supaya lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan. Supaya tidak ada jamaah umrah positif Covid-19 yang lolos sampai ke Makkah.

’’Alhamdulillah. Kita tentu senang bahwa visa umrah telah dapat dikeluarkan lagi untauk jamaah Indonesia,’’ kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Oman Fathurahman, Kamis (19/11).

Oman mengingatkan keputusan Arab Saudi yang sempat menutup sementara permohonan visa umrah untuk Indonesia harus jadi perhatian dan pelajaran. Sesuai hasil rapat Kemenag dengan Komisi VIII DPR, Oman mengatakan ada sejumlah pesan untuk penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU). Diantaranya adalah PPIU supaya lebih intensif dan segera melaporkan keberangkatan umrah kepada Kemenag.

Kemudian travel umrah diminta lebih ketat menerapkan protokol kesehatan sebelum keberangkatan. Baik itu soal uji swab maupun karantina. Diharapkan setelah karantina sebelum terbang ke Saudi, calon jamaah umrah menjalani karantina mandiri. Supaya tidak tertular Covid-19 dan diketahui saat berada di Saudi.

Secara khusus kepada para calon jamaah supaya lebih memperkuat dan meluruskan niat beribadah umrah. Sebab umrah kali ini dilaksanakan di tengah pandemi dengan sekian banyak keterbatasannya. Selain itu calon jamaah umrah harus mengetahui dan menerapkan secara disiplin protokol kesehatan yang ditetapkan Saudi. ’’Seperti tetap menggunakan masker, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak,’’ katanya.

BACA JUGA: Alhamdulillah Visa Umrah Indonesia Kembali Terbit  

Dengan disiplin menjaga protokol kesehatan itu, Oman berharap jamaah umrah asal Indonesia bisa menjalankan ibadahnya dengan nyaman, tetap sehat, dan selamat sampai kembali ke tanah air.

Sebelumnya kabar dibukanya kembali penerbitan visa umrah untuk jamaah asal Indonesia disampaikan Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakariya Kamis (19/11) pagi. Dia bahkan memberikan tangkapan layar visa umrah tersebut. Visa itu dikeluarkan oleh misi Arab Saudi di Jakarta. Dengan durasi aktif sampai 19 Desember 2020 nanti. Operator yang menerbitkan visa itu adalah Muasasah Masyair Al Haram.

’’Alhamdulillah per hari ini tanggal 19 Nov 2020, visa jamaah Umrah Indonesia sudah mulai terbit insyaAllah akan berangkat di tgl 22 Nov,’’ kata Zaky. Dia menyampaikan terima kasih Kerajaan Arab Saudi yang mempercayakan jamaah umrah Indonesia.

Dia berharap pada penerbangan ke empat nanti tidak ditemukan jamaah positif Covid-19. Dia juga mengingatkan jamaah untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Khususnya saat karantina mandiri di hotel di kota Makkah. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim