Home

Uji Akurasi Kemampuan Dukungan Tembakan, Koarmada I Kirim Pasukan ke Natuna

ILUSTRASI: Sejumlah kapal TNI Angkatan Laut tengah melakukan patroli. (F. Maritimnews.com)

batampos.id – Komando Armada (Koarmada) 1 mengerahkan sepuluh kapal perang mereka ke Perairan Natuna Selatan. Seluruh kapal itu digerakkan untuk melaksanakan Latihan Operasi Dukungan Tembakan.

Menurut Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid Kacong, latihan tersebut penting untuk mengukur kemampuan prajurit serta alat utama sistem persenjataan yang beroperasi di bawah kendali Koarmada I.

Rencananya latihan tersebut dilaksanakan selama sepekan. Mulai hari ini (20/11) sampai Kamis pekan depan (26/11). Rasyid mengungkapkan, kapal perang yang dikirim ke Natuna Selatan terdiri atas KRI Wiratno-379, KRI Sutedi Senoputra-379, KRI Todak-631, KRI Barakuda-814, KRI Parang-647, KRI Bubara-868, KRI John Lie-358, KRI Kujang-642, KRI Surik-645, dan KRI Tjiptadi-381.

“Latihan ini juga melibatkan 314 personel,” kata dia dalam Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan hari ini.

Perwira tinggi bintang dua TNI AL itu menyebutkan bahwa pihaknya sengaja tidak menurunkan seluruh personel dan alutsista dalam gelar pasukan demi mematuhi aturan protokol kesehatan.

Dia pun memastikan, seluruh prajuritnya akan menaati aturan tersebut sepanjang latihan. “Mematuhi prosedur protokol kesehatan,” jelasnya. Berdasar informasi yang diterima, latihan yang melibatkan berbagai jenis kapal perang itu bersifat interoperability antarsatuan.

Karena itu, dibutuhkan kerja sama taktis antar unsur yang terlibat dalam latihan tersebut. Baik unsur komando, pengendalian, maupun unsur komunikasi. Dalam kesempatan yang sama, Rasyid turut menekankan zero accident.

Dia meminta seluruh anak buahnya ekstra hati-hati dan waspada. “Mengutamakan prosedur secara cermat dan benar guna terwujudnya zero accident,” perintahnya. Dia tidak ingin ada insiden yang bisa membahayakan para prajurit Koarmada I dalam latihan tersebut.

BACA JUGA: Dua Kapal Pencuri Ikan Ditangkap TNI AL di Perairan Natuna

Selain mengukur kemampuan prajurit dan alutsista yang beroperasi di bawah kendali Koarmada I, Latihan Operasi Dukungan Tembakan dilaksanakan untuk menguji akurasi bantuan tembakan Koarmada I. Juga untuk meningkatkan kesiapan seluruh jajaran komando utama yang bermarkas di Jakarta itu.

“Untuk meningkatkan kesiapan personel dan alutsista Koarmada I dalam mendukung tugas-tugas TNI dan TNI Angkatan Laut,” bebernya. Rasyid ingin personel Koarmada I siap digerakkan kapan pun untuk berbagai penugasan.

Berkaitan dengan Natuna Selatan yang kembali menjadi lokasi latihan, Koarmada I menyebut, wilayah perairan itu masuk teritori yang wajib dijaga oleh mereka. Sehingga Latihan Operasi Bantuan Tembakan di laksanakan di perairan itu.

Natuna Selatan memang sudah beberapa kali menjadi lokasi latihan maupun tempat uji kekuatan pasukan TNI AL. Selain itu, mereka juga tidak jarang melaksanakan latihan di Natuna Utara. Rasyid memastikan, latihan-latihan rutin yang dilakukan untuk menjaga kemampuan prajurit akan terus berjalan. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung