Metropolis

Ujian Semester di Batam Dilaksanakan Online dan Offline

batampos.id – Ujian semester jenjang pendidikan dasar dan menengah di Batam tetap berlangsung dengan sistem online yaitu jarak jauh atau belajar dari rumah. Hal ini lantaran kasus Covid-19 di Kota Batam terus mengalami peningkatan.

“Kita sudah keluarkan surat edarannya, dimana sampai sekarang di sekokah belum diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka, termasuk juga dengan ujian semester,” ujar kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan, Jumat (20/11/2020).

Diakuinya, pelaksanaan ujian dari rumah ini nantinya dilaksanakan dalam bentuk online atau dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Bagi daerah yang terkoneksi jaringan internet seperti di mainland Kota Batam dilaksanakan secara daring. Sedangkan bagi daerah hinterland seperti di pulau-pulau melaksanakan ujian semester secara luring.

“Sama halnya dengan ujian semester kemarin, kita tetap mengikuti protokol kesehatan dan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri,” tambah Hendri.

Untuk model ujian diserahkan sepenuhnya kepada sekolah, apakah dalam bentuk penugasan atau tes daring, assesment jarak jauh atau bisa juga dalam bentuk fortopolio.

“Bagi sekolah yang terkendala jaringan internet, pelaksanaannya ujiannya secara luring, siswa bisa mengambil soal ujian ke sekolah, dibuat di rumah dan diantar lagi ke sekolah. Selain itu bisa juga dengan metode guru kunjung, dimana guru mendatangi masing-masing rumah siswa untuk mengantarkan soal ujian,” terang Hendri.

Metode luring guru kunjung ini sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah hinterland seperti SD 08 Kampung Baru, Galang.

Kadisdik menambahkan, pelaksanaan ujian semester tingkat dasar dan menengah akan dimulai pada 30 November sampai dengan 5 Desember 2020. Kemudian ujian susulan dilaksanakan 7 sampai 8 Desember dan pada 9 Desember sudah mulai libur panjang.

“Yang jelas ujian semester tetap jarak jauh, apakah daring atau luring tergantung sekokah dan ketersediaan jaringan internet di setiap daerah,” pungkas Hendri.(*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Andriani Susilawati