Politika

Satgas Sebut Belum Ditemukan Klaster Pilkada Serentak

Sejumlah petugas melakukan simulasi rekapitulasi secara elektronik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, beberapa waktu lalu (Dok. Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

batampos.id – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi mengatakan sampai saat ini belum adanya informasi adanya klaster penularan virus corona di Pilkada serentak 2020 ini.

Menurut Sonny memang akan penularan Covid-19 setiap hari mengalami penambahan. Namun belum ada yang melaporkan tertularnya orang tersebut akibat pelaksanaaan tahapan Pilkada serentak.

“Kami belum mendapat detailnya apakah dia itu tertular pada saat kampanye atau sedang kegiatan terkait dengan Pilkada, atau (justru) tertularnya di luar,” ujar Sonny dalam diskusi secara daring, Sabtu (21/11).

BACA JUGA: Satgas: Gubernur Hingga Kapolda Jangan Bentuk Kegiatan Pengumpulan Massa  

Sonny mengatakan telah ada tim yang diterjunkan yang khusus menangani Pilkada serentak ini. Namun sampai saat ini belum ada laporan dari tim tersebut yang melaporkan terjadinya klaster di tahapan Pilkada.

“Sejauh ini kami belum memperoleh informasi bahwa ada satu kluster atau super kluster positif, dimana dia tertular pada saat melaksanakan kegiatan Pilkada, itu belum ada,” katanya.

Oleh sebab itu, Sonny bersyukur tidak adanya klaster Pilkada serentak ini. Sehingga dia berharap masyarakat dan juga para calon kepala daerah bisa patuh terhadap protokol kesehatan sesuai dengan ajuran pemerintah.

“Kita juga secara terus menerus kepada seluruh paslon mengingatkan tentang risiko-risiko tadi,” pungkasnya.(*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim