Internasional

Kapal Muatan Kontainer Rute Singapura-Jakarta Kandas di Perairan Batu Berhenti, Selat Singapura, Batam

Kapal kandas di perairan Batu Berhenti Selat Singapura, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (22/11/2020) malam. (F.PPLP Tanjunguban untuk batampos.id)

batampos.id –  MV Tina 1 yang membawa kontainer dari Singapura ke Jakarta kandas di perairan Batu Berhenti Selat Singapura, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (22/11/2020) malam.

Kepala Pangkalan PLP Tanjunguban Capt. Handry Sulfian mengatakan, informasi awal diterima dari Kabid KBPP KSOP Tanjung Balai Karimun yang menginformasikan kapal berbendera Cyprus itu kandas di perairan Batu Berhenti, Selat Singapura Batam. “Pak Harbert menginformasikan bahwa telah terjadi kecelakan Kapal pada posisi 01° 11′ 213″ N / 103° 52′ 797″ E Perairan Batu Berhenti Selat Singapura, Batam, Kepri,” katanya.

Selanjutnya, Handry meneruskan informasi tersebut ke Kasubsi Operasi Capt. Deddy Surachmad. “Saya minta ke Capt Deddy agar segera menggerakan Patroli KN. Sarotama – P.112 dan KN. Rantos – P.210 ke lokasi kandasnya kapal,” ujarnya.

Kasubsi Operasi Capt. Deddy Surachmad mengatakan, dirinya mendapat perintah dari Capt Handry Sulfian untuk melaksanakan pengawasan dan SAR terhadap kapal yang kandas di perairan Batu Berhenti Selat Singapura, Batam, Kepri.

“Kita mengerahkan KN Sarotama, Senin dini hari sekira pukul 02.00 WIB kapal meninggalkan dermaga PPLP Tanjunguban ke lokasi kandasnya kapal,” ujarnya.

Senin (23/11/2020) pagi, KN Sarotama tiba di lokasi kandasnya MV Tina 1 di perairan Batu Berhenti Selat Singapura, Batam, Kepri. Sejauh ini diketahui, kapal dengan panjang sekira 278.94 meter dan lebar sekita 40 meter itu masih kandas di perairan Batu Berhenti. Kapal dinakhodai Krzystor Bogdan, nakhoda asal Polandia dengan membawa 40 orang awak kapal.

Humas Pangkalan PLP Tanjunguban, Anggoro mengatakan, kondisi kapal MV Tina 1 yang kandas tidak mengalami kebocoran. Sejauh ini KN. Sarotama bersama KN Rantos – P.210 dan KN. 366 dari KSOP Tanjung Balai Karimun serta kapal patroli dari Polair Polda Kepri berjaga di lokasi kapal yang kandas.

“Lokasi kandasnya MV Tina 1 tepat di belakang kandasnya MV Sharaz yang kandas beberapa bulan yang lalu,” ujarnya. Selanjutnya, dia mengatakan. pihak PPLP Tanjunguban akan memberikan pengamanan ke kapal yang kandas tersebut dan menjaga lalu lintas pelayaran agar tidak menganggu alur pelayaran kapal lainnya. (*)

Reporter: Slamet
Editor: Tunggul