Covid-19

Alasan Efisiensi, PT KSW by Honeywell di Tanjunguncang Mendadak Tutup, Hak 430 Karyawan Dipenuhi

Karyawan sat mendengar informasi penutupan perusahaan. (f.eusebius/batampos.id)

batampos.id-Kabar tak sedap dunia industri kembali datang dari Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Batam. Perusahan pembuat sepatu safety berlabel King,s yakni PT King,s Safety Wear (KSW) by Honeywell Batam yang berada di kawasan industri Latrade, Tanjunguncang mendadak tutup, Selasa (24/11) pagi. Padahal sehari sebelumnya perusahaan ini masih beroperasi seperti biasa.

|BACA JUGA: Selama Pandemi, Perusahaan di Batam PHK 814 Pekerja

Penutupan ini disebut-sebut karena perusahaan upaya efisiensi perusahaan yang down akibat wabah pandemi Covid-19 ini. Penutupan ini membuat shok 400 karyawan yang berkerja sebab dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan ataupun desas-desus terlebih dahulu. “Iya tutup pagi ini. Presiden direktur langsung yang bilang katanya efisiensi dan perusahaan tak sanggup lagi melanjutkan produksi. Syok kami dengarnya karena tanpa informasi atau desas-desus sebelumnya. Semalam bahkan kami masih masuk dan ada yang lembur malah,” ujar Herdi, seorang karyawan, Selasa (24/11/2020).

Advertisement

Ketua Tekstil Sandang Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (TSK SPSI) PT KSW by Honeywell Jos Sudaraso Simamora membenarkan penutupan tersebut. Pekerja katanya cukup kaget dengan informasi tersebut namun mereka tak punya pilihan lain selain menuruti kebijakan pihak perusahaan tersebut.

“Ya pada tak terima awalnya dengan informasi itu. Tak percaya rasanya karena selama ini baik-baik saja kami bekerja bahkan semalam masih banyak yang OT (lembur). Pagi ini tiba-tiba dibilang tutup dengan alasan efisiensi,” ujarnya.

Kebijakan perusahaan ini akhirnya diterima oleh seluruh karyawan sebab pihak perusahaan bersedia memberikan hak pemberhentian sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku.

“Saat menyampaikan penutupan ini perusahaan kasi dua opsi. Yang terima haknya akan diberikan penuh sesuai undang-undang yang ada dan yang tak terima bonus haknya akan dikurangi,” ujar Simamora. Sampai berita ini diketik sebut Simamora, sebagian besar karyawan yang sudah menandatangani surat kesepakatan tersebut. “Sudah banyak yang tandatangan,” ujarnya.

Total karyawan PT KSW by Honeywell ada sekitar 430 orang yang mana 400 orang karyawan permanen dengan masa kerja diatas 10 tahun dan 30 orang karyawan kontrak. (*)

Reporter: Eusebius Sara
Editor: Tunggul