Karimun

KPU Karimun Libatkan 40 Warga untuk Pelipatan Surat Suara Pilkada

Warga Karimun melakukan pelipatan surat suara untuk Pilkada Kepri. (f.tri/batampos.id)

batampos.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun mulai hari ini (Selasa-red) melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri sebanyak 172.204 lembar. Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko menjelaskan, untuk penyortiran dan pelipatan surat suara Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri diterjunkan kurang lebih 40 orang tenaga lepas.

|BACA JUGA: Lipat Surat Suara Pilgubkepri,  KPU Tanjungpinang Bayar Rp250 Per-Lembar  

”Untuk sementara surat suara Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dahulu. Sedangkan, surat suara Bupati dan Wakil Bupati Karimun yang sudah tiba sebanyak 87 kotak tambah belum dilakukan penyortiran dan pelipatan,” jelasnya, Selasa (24/11/2020). Dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara, pihaknya tetap mengutamakan protokol kesehatan terhadap tenaga lepas  tersebut. Mulai menggunakan, masker, jaga jarak antara satu dengan yang lain, sebelum melakukan pekerjaan dilakukan pengukuran suhu.

Advertisement

”Kita targetkan selesai empat hari ke depan. Logistik secara umum sudah hampir lengkap, mulai dari kotak suara, bilik suara, surat suara Pilgub dan Pilbup, tinta, kabel ties untuk kunci kotak suara, perlengkapan TPS. Tinggal, APD dan formulir-formulir yang masih proses,” ungkapnya.

Dengan adanya penyortiran dan pelipatan surat suara, secara tidak langsung memberikan pekerjaan kepada masyarakat yang saat ini masih pandemi Covid-19. Sehingga, bisa memberikan pendapatan buat para ibu-ibu dan bapak-bapak yang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

”Alhamdulillah, bisa kita berdayakan masyarakat, walaupun honornya tidak besar. Sedangkan, surat suara Pilbup sendiri 86 kotak yang isinya 2000 lembar ditambah satu kotak kecil isinya cuman 204 lembar. Dengan total keseluruhan ada 172.204 lembar,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat mengungkapkan, untuk gudang logsitik Pilkada sendiri pihaknya sudah memenuhi standar. Dimana, sebelumnya ada beberapa catatan yang perlu perbaiki oleh KPU Karimun seperti pintu masuk harus
satu pintu, sirkulasi udara yang harus lebih bagus dan sebagainya. “Sudah cukup bagus sekarang. Intinya, proses penyortiran maupun pelipatan surat suara harus ikuti prokes,” jawabnya. (*)

Reporter : Tri Haryono
Editor : Tunggul