Metropolis

603.260 Suara Calon Walikota Batam Tiba di Batam

 Langsung Disortir dan Dilipat

Petugas pelipat surat suara menunjukkan kertas surat suara calon walikota Batam dan wakil walikota Batam saat pelempitan di gudang KPU Kota Batam di Batuaji, Senin (23/11). (Dalil Harahap/Batam Pos)

batampos.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk digunakan dalam pemungutan suara pemilihan calon walikota dan wakil walikota Batam pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Tim pengamanan kita sudah menjemput semalam dan hari ini kita sudah mulai sortir dan lipat surat suara,” kata Ketua KPU kota Batam Herrigen Agusti, Senin (23/11).

Disebutnya, surat suara calon wali kota dan wakil walikota Batam yang datang yakni 603.260 buah, atau lebih banyak 2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Batam yang sebanyak 587.527 pemilih.

Advertisement

“Untuk surat suara yang dilipat sebanyak jumlah DPT ditambah 2,5 persen untuk cadangan dan 2.000 surat suara apabila terjadi pemungutan suara ulang. Totalnya sebanyak 603.260 buah,” tambah Herrigen.

KPU menargetkan, penyotiran dan pelipatan surat suara ini selesai dalam waktu 3 hari. Termasuk disitu nanti untuk mengetahui surat suara yang rusak, kekurangan atau kelebihan dari percetakan. “Kita usahakan selesai cepat, sehingga ketika ada yang rusak, kurang atau lebih bisa segera kita koordinasikan dengan percetakan,” ucapnya.

Pelipatan surat suara sendiri dilaksanakan di gudang logistik KPU Kota Batam di bekas Gedung Giant Batuaji. Ia mengatakan, pihaknya memilih gedung tersebut karena luas dan mampu menampung jumlah petugas lipat yang banyak sehingga memungkinkan aktivitas pelipatan kertas suara berjalan dengan kondusif.

“Untuk surat suara calon gubernur dan wakil gubernur sudah selesai dilipat. Untuk pendistribusiannya ke TPS kita jadwalkan pada 5 Desember 2020 ,” pungkasnya. (*)

Reporter : Rengga Yuliandra
Editor : Jamil Qasim