Sport

Dua Bintang Muda NBA Pecah Rekor, Dikontrak Rp 2,7 T

Pemain muda Utah Jazz Donovan Mitchell mendapat kontrak lima tahun dari klubnya (F. Big Red Loui)

batampos.id – Dua bintang muda NBA mendapat perpanjangan kontrak dengan nilai maksimal dari tim masing-masing. Durasinya selama lima tahun ke depan. Donovan Mitchell diikat Utah Jazz. Sementara itu, Jayson Tatum dikontrak Boston Celtics. Nilai kontrak keduanya mencapai USD 195,6 juta (Rp 2,7 triliun).

”Donovan Mitchell dan Jayson Tatum sepakat dengan kontrak maksimal pertama yang ditawarkan kepada mereka,” tulis ESPN kemarin.

Mitchell dalam tiga musim terakhir memberikan efek positif untuk permainan Jazz. Sejak kedatangannya pada musim 2017–2018, rata-rata kemenangan tim tersebut selalu melebihi 50 persen dalam 82 laga seri reguler.

Advertisement

Padahal, awalnya shooting guard 24 tahun tersebut tidak seberapa diharapkan untuk bisa mengangkat performa tim. Apalagi, pada NBA Draft 2017, dia dipilih Jazz hanya dari urutan ke-13.

BACA JUGA: Sita Perhatian, Clippers Langsung Dapat Big Man Baru

Nah, gebrakan Jazz memperkuat tim untuk musim depan tidak hanya mengikat Mitchell lewat kontrak jangka panjang. Mereka dikabarkan juga memperpanjang kontrak Jordan Clarkson untuk empat tahun ke depan. Selain itu, mereka mendatangkan big man Derrick Favors dari New Orleans Pelicans.

Di lain sisi, bagi Tatum, kontrak dengan nilai raksasa itu makin menabalkan bahwa dirinya memang bintang masa depan yang dipersiapkan Celtics. Pemain 22 tahun yang dipilih Celtics pada urutan ketiga NBA Draft 2017 tersebut musim lalu membukukan statistik apik. Yakni, mencapai 23,4 poin dan 7 rebound per game. Itu membawa Celtics membukukan rekor 48-24 musim lalu.

Kontrak tersebut juga menunjukkan kalau Celtics masih akan mengandalkan kolaborasi Tatum, Jaylen Brown, Marcus Smart, dan Kemba Walker musim depan. Kolaborasi mereka mengantar Celtics finis di posisi ketiga wilayah timur musim lalu.

Celtics musim lalu juga menembus final wilayah timur sebelum akhirnya takluk di tangan Miami Heat dalam enam game. Jika performa Tatum dan rekan-rekan setimnya makin baik, bukan tidak mungkin Celtics musim depan yang mewakili wilayah timur di final NBA. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung