Metropolis

Guru Honorer Batam Bakal Dapat Rp 1,8 Juta, Terdaftar di Dapodik dan Bergaji di Bawah Rp 5 Juta

batampos.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pendidik dan tenaga kependidikan non-PNS atau honorer. Nantinya, para tenaga pendidik dan guru honorer akan menerima BSU Rp 1,8 juta yang diberikan dalam sekali pencairan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan, mengatakan, bagi guru non-PNS atau guru honorer penerima BSU Rp 1,8 juta dari Kemendikbud, harus terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Dinas Pendidikan. Kemudian, merupakan warga negara Indonesia, dimana status ini dibuktikan dengan kartu tanda penduduk.

“Selanjutnya, bantuan ini diberikan bagi pendidik honorer yang bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan,” katanya, Senin (23/11/2020).

Advertisement

Selain itu, yang bersangkutan belum menerima subsidi atau bantuan subsidi upah dari Kementerian Ketenagakerjaan. Hal ini demi menjamin bantuan yang disalurkan tidak tumpang tindih serta tepat sasaran.

BACA JUGA: Pemerintah Gelontorkan Rp 30,8 M untuk 12.859 UMKM di Batam

“Bukan merupakan pegawai negeri sipil (PNS) dan tidak menerima salah satu bantuan semi bansos yaitu kartu prakerja sampai 1 Oktober 2020,” sebut Hendri.
Di Batam sendiri, tambahnya, ada sebanyak 2.079 guru honor sekolah negeri, yang semuanya berpenghasilan di bawah Rp 5 juta.

Sementara guru honor pada sekolah swasta, berjumlah 5.979 orang, sebagian besarnya juga bergaji di bawah Rp 5 juta.

Jika guru honorer sudah memenuhi 4 persyaratan tersebut, langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah login di laman, http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Untuk mendata apakah nama tersebut terdata sebagai penerima.

“Melalui laman tersebut bisa diketahui informasi terkait status pencairan bantuan, rekening bank masing-masing dan lokasi cabang bank penyalur,” pungkasnya. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Andriani Susilawati