Total Football

Ricky Yacobi, Legenda yang Terus Dikenang di Solo

Legenda sepakbola Indonesia dan Arseto Solo Ricky Yacobi. (F. Pandit Footbal Indonesia)

batampos.id – Kepergian Ricky Yacobi menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak. Termasuk bagi penggemar Arseto Solo. Ya, Ricky Yacobi sempat jadi idola di Stadion Sriwedari, khususnya di periode 1983 hingga 1992.

Ungkapan dukacita pun disuarakan beberapa pihak dalam bentuk menggelar aksi. Antara lain, membentangkan poster di perempatan Ngarsopuro Minggu pagi (22/11).

Salah seorang penggemar Arseto Solo, Chaka Bodha, 39, ikut hadir. ’’Saya ini sejak SD menjadi penggemar Arseto Solo dan saya ingat Ricky Yacobi merupakan striker tertajam dan mesin gol yang menakutkan bagi klub lawan waktu itu. Apalagi, beliau di zaman itu satu-satunya pemain Indonesia yang bermain di Liga Jepang. Saya ikut berduka atas meninggalnya beliau,’’ ucap Chaka.

Advertisement

BACA JUGA: Ricky Yacobi Sempat Selebrasi, Lalu Tak Sadarkan Diri

Dirigen Pasoepati Maryadi ’’Gondrong’’ juga ikut terpukul atas berpulangnya sang legenda. ”Beliau termasuk idola saya, karena sering bertemu dan menonton pertandingannya. Dia juga merupakan tetangga saya di Cemani, Grogol, Sukoharjo, pada waktu itu,’’ tuturnya.

Manajer Persis Hari Purnomo mengaku punya kenangan hangat dengan Ricky. Ternyata, saat Ricky melangsungkan pernikahan, ada campur tangan ayahanda Hari Purnomo, yakni Djuhardi Suro Miharjo.

Lantaran Ricky perantau asal Medan dan terkendala tempat, dia dibantu oleh ayah Hari Purnomo yang saat itu menjadi lurah. ’’Yang menikahkan Ricky ya bapak saya. Tempatnya juga di rumah bapak saya di Sukoharjo. Saat saya menikah tahun 1991, Ricky juga datang. Terakhir ketemu di Solo pas Arseto reunian 2017,’’ ungkap Hari. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung