Selebritas

Ria Ricis Akhirnya Lulus Kuliah Setelah 7 Tahun Berjuang

Youtuber Ria Ricis berhasil wisuda setelah 7 tahun kuliah. (Instagram Oki Setiana Dewi)

batampos.id – YouTuber Ria Ricis kini berbahagia akhirnya bisa menyandang gelar sarjana. Prosesi wisuda sudah berhasil dilaksanakan hari ini Sabtu (28/11). Namun berhubung sedang terjadi pandemi Covid-19, prosesi wisuda Ricis hanya bisa dilakukan via online. Adik Oki Setiana Dewi itu mengikuti prosesi wisuda dari rumah menggunakan aplikasi Zoom.

Perjuangan Ria Ricis untuk bisa bisa lulus kuliah jurusan Ilmu Komunikasi di salah satu universitas swasta cukup panjang. Dia dinyatakan lulus S1 setelah 7 tahun berjuang menempuh kuliah dan menyelesaikan semua tugas. Waktu kelulusan Ria Ricis ini terbilang lambat karena kuliah S1 biasanya ditempuh dengan masa studi 3,5 sampai 4 tahun.

Meskipun masa kelulusannya lebih lambat sekitar 3 tahun dari umumnya, hal itu tidak mengurusangi kebahagiaan Ria Ricis. Dia mengaku bahagia sekali karena perjuangannya menyelesaikan studi akhirnya tidak membuahkan hasil yang manis atau tidak sia-sia.

Advertisement

“Pas detik-detik mau pakai Zoom tadi aku senang banget akhirnya bisa lulus. Sebenarnya pengin sih lulus ketemu sama yang lain tapi kondisi nggak memungkinkan karena pandemi,” ujar Ria Ricis saat ditemui Mutiara Kebagusan Residence yang terletak di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan Sabtu (28/11).

Ria Ricis mengakui masa kuliahnya molor cukup panjang hingga 7 tahun. Hal itu karena dia sibuk dengan sejumlah aktivitas pekerjaan selain menjalani kuliah. Ricis mengakui sulit menyeimbangkan kuliah dan pekerjaan hingga menyebabkan kuliahnya keteteran. Kendati demikian, Ria Ricis bangga karena biaya kuliahnya dia tanggung sendiri tanpa meminta biaya sama orang tuanya. Dia membayar biaya perkuliahan dari hasil memeras keringat. Yang tidak semua mahasiswa bisa melakukannya.

BACA JUGA : Sabtu Sif Malam, Minggu Kuliah Seharian, Senin Pagi Baru Tidur

“Kata kata yang mewakili selama masa kuliah ya sabar. Sabar ngerjain tugas, sabar skripsi dicoret, sabar ketemu ini, itu. Pesan untuk masyarakat kalau lagi kuliah, skripsi, harus banyak bersabar,” kata Ria Ricis.

Lebih lanjut dia mengatakan, orang tuanya tidak terlalu memintanya buru-buru selesaikan kuliah. Sebab mereka tahu kalau Ricis memiliki sederet kewajiban yang harus dilaksanakan di luar kewajiban kuliah. Namun adanya kalanya orang tua memberikan suntikan movitasi supaya Ricis lebih bersemangat kuliah.

“Alhamdulillah orang tua sangat mengerti keadaanku, tidak mendesak yang gimana-gimana sampai waktu yang diberikan tiba. Kasih motivasi sama orang tua pasti. Makanya kelulusan ini saya berikan untuk orang tua pastinya,” tuturnya.

Diungkapkan Ria Ricis, kelulusan S1 ini bukan lah akhir dari proses dirinya menuntut ilmu. Dia pun punya bayangan untuk melanjutkan pendidikan S2 namun tidak tahu kapan. Saat ini yang paling penting bagi Ricis, ia bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah diperolehnya di bangku kuliah dalam kehidupan sehari-hari.

Ria Ricis merasa ilmu tentang komunikasi yang sudah dipelajarinya di bangku kuliah sangat bermanfaat dengan kapasitas dirinya sebagai publik figur yang bertemu dengan banyak orang sehari-hari.

Kelulusan Ria Ricis disambut gembira oleh keluarga dan sahabat. Salah satunya dari Oki Setiana Dewi. Dia mengucapkan selamat kepada sang adik atas kelulusannya.

“Selamat @riaricis1795 berkah ilmunya.. terimakasih juga teman2 yang telah support Icis selama ini yaa.. walaupun perjalanannya penuh liku, Alhamdulillah sampai juga di garis finish. Semoga selalu sehat.. selalu bahagia, dikelilingi orang-orang baik dan semakin taat. Love you Cis,” tulis Oki di akun media sosialnya sambil memposting foto kebersamaan dengan Ria Ricis.(*)

Reporter : Jpgroup
Editor : Dede Hadi