Home

HUT Korpri, ASN Diminta Kerja Cepat dan Tepat, Jadi Pelopor di Masyarakat

Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, saat memimpin peringatan HUT ke-49 KORPRI di Kantor Wali Kota Batam, Senin (30/11). (F. Humas Pemko Batam untuk Batam Pos)

batampos.id – Peringatan HUT KORPRI tingkat Kota Batam digelar di Kantor Wali Kota Batam dan dipimpin Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, Senin (30/11).

Dalam kesempatan itu, Syamsul menekankan bahwa peringatan HUT ke-49 KORPRI tersebut harus diiringi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang cepat dan tepat dalam melayani masyarakat.

“Dengan begitu, ASN bisa menjadi kuat dan hebat,” ujar Syamsul.

Syamsul juga ingin KORPRI sebagai wadah organisasi bagi ASN, dapat berperan dan memiliki kekuatan demi birokrasi yang andal. Ia tak ingin ASN dipandang sebelah mata. Pasalnya, ASN bekerja demi kemajuan suatu lembaga, daerah atau bahkan negara.

“ASN ini orang yang bekerja di belakang pimpinan. Sehingga perlu penguatan ASN khususnya yang ada di Batam,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk saling mengingatkan, menguatkan, dan tidak saling menjatuhkan. Ia mengatakan, dengan kinerja yang mumpuni, maka karir akan berjalan sendirinya.

“Status kita PNS siap mengisi semua jabatan. Mumpung tangan kita masih mampu, gunakanlah untuk membantu dan melayani masyarakat,” kata dia.

Sebagai abdi negara, anggota juga didorong untuk berkontribusi di tengah-tengah masyarakat. Termasuk, menjadi pelopor agar masyarakat di sekitarnya mengikuti hal-hal baik yang diterapkan. Sebut misalnya, menyebarluaskan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 agar masyarakat makin sadar dan terlindung dari penyakit yang tengah mewabah tersebut.

“Tentu bagus jika masyarakat di sekitar kita semakin sadar menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, mengikuti apa yang kita contohkan,” Syamsul memotivasi.

Selain itu, Syamsul juga berpesan agar ASN juga harus menguasai bahasa asing agar mampu bersaing dengan dunia global, mengingat Batam berhadapan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Kemudian, ia meminta ASN menguasai teknologi informasi, punya data, dan punya sistem birokrasi yang kuat.

“Kalau kita punya sistem birokrasi yang terkoneksi, maka semua program yang direncanakan tidak berubah meski diiringi pergantian pucuk pimpinan,” katanya. (*)

Reporter : Ratna Irtatik
Editor : Chahaya Simanjuntak