Metropolis

Perbaikan Gorong-gorong Runaway Bandara Hang Nadim Butuh Biaya Rp 24 Miliar

batampos.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam segera memperbaiki gorong-gorong yang melintasi runaway dan taxiway di Bandar Udara Hang Nadim.

Proyek perbaikan akan ditangani oleh PT Lingkar Persada yang menjadi kontraktor pelaksana, serta PT Batam Structural yang menjadi konsultan supervisi.

“Keduanya diikat kontrak sejak 11 Desember 2020. Nilai kontrak Lingkar Persada sebesar Rp 19,9 miliar, sedangkan Batam Structural sebesar R 556,9 juta,” kata Kepala Seksi Pembangunan Bandara BP Batam, Teuku Ridwan Effendy, Selasa (15/12/2020).

Menurut Ridwan, proyek ini bernilai penting, karena bertujuan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan di bandara internasional tersebut.

“Dalam pertemuan sebelumnya, sudah dibahas persiapan pelaksanaan teknis pekerjaan tersebut. Pelaksana proyek harus mengikuti peraturan keselamatan penerbangan di area bandara, sehingga harus berkoordinasi dengan unit terkait seperti manajemen BUBU Hang Nadim, BMKG, maupun dengan AirNav,” paparnya.

Landasan taxiway di Hang Nadim pernah amblas pada akhir 2017 lalu, karena hujan deras. Lebih lanjut lagi, penyebab amblasnya karena terdapat kerusakan pada gorong-gorong corrugated paralel taxiway dekat taxiway B.

General Manager BUBU Hang Nadim, Benny Syahroni, berharap proyek senilai Rp 24 miliar ini dapat diselesaikan dengan prinsip OTOBOS (on time, on budget, on specification) dan menghasilkan kualitas fasilitas yang baik.

“Kontraktor dan konsultan diharapkan selalu aktif berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait agar pelaksanaan pekerjaan ini bisa terselenggara dengan lancar. Pihak bandara terbuka apabila terdapat hal-hal yang harus dikoordinasikan dan terdapat kendala teknis di lapangan,” ujarnya. (*)

Reporter: Rifki Setiawan Lubis
Editor: Chahaya Simanjuntak