Bintan-Pinang

Sekolah Tatap Muka di Tanjungpinang mulai 18 Januari 2021

Atmadinata (f.peri/batampos.id)

batampos.id– Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang merencanakan sekolah tatap muka dibuka mulai tanggal 18 Januari 2021 mendatang dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat di sekolah. Kadisdik Kota Tanjungpinang, Atmadinata menjelaskan, sekolah tatap muka tidak dibuka pada 4 Januari 2021 dengan alasan usai libur panjang sering terjadi peningkatan kasus covid-19, hal itu menjadi alasan sekolah tatap muka diundur.

BACA JUGA: Aktivitas Belajar Mulai 2021, Sekolah di Hinterland Tak Perlu Swab

“Paling cepat kita buka 18 Januari 2021 itu pun bertahap,” kata Atma, Selasa (22/12). Dijelaskan Atma, bertahap yang dimaksudkan adalah dimulai pada sekolah yang berbeda di pinggir Kota Tanjungpinang, seperti yang pernah dibuka pada 12 Oktober 2020 lalu, di 13 sekolah. “Penerpannya juga sama, harus berjarak juga,” sebutnya.

Advertisement

Pada 18 Januari itu memang direncanakan akan dibuka kembali sekolah tatap muka dan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sekolah juga sudah boleh dibuka. “Bahasanya tidak diwajibkan, tapi dibolehkan, kenapa tidak diwajibkan karena alasan kesehatan dan keselamatan lebih utama,” ucap Atma.

BACA JUGA: KPPAD: Tetap Awasi Sekolah Tatap Muka

Atma menyampaikan, Disdik tidak boleh salah dalam mengambil keputusan, jika sudah tahu banyak kasus covid-19 maka harus bijaksana mengambil keputusan menetapkan jadwal sekolah tatap muka. “Pertimbangan kesehatan warga sekolah lebih utama,  memang itu adalah hak siswa namun ada yang lebih penting, presiden juga sering menyampaikan bahwa keselamatan rakyat adalah sumber hukum tertinggi,” paparnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: Tunggul