Zetizen

Kreator TikTok Cara Asyik Hasilkan Uang

Bagus Yusron for zetizen Bagus Yusron, mahasiswa dan kreator TikTok akun @bagus.ya

batampos.id – Dapat uang karena main TikTok? Memang bisa? Zaman sekarang nggak ada yang nggak mungkin, tak terkecuali dengan mendapatkan uang dari bermain TikTok.

Aplikasi yang awalnya hanya digunakan sebagian user-nya untuk bersenang-senang lewat tarian atau konten hiburannya yang menarik, kini ada orang-orang yang menjadikan platform TikTok sebagai tempat mereka untuk mendapatkan uang, lho! Hmm, seperti apa caranya kira-kira?

Pada Juli 2019, pihak TikTok secara resmi mengumumkan terkait dengan penyediaan dana sebesar $200 juta bagi para kreator TikTok yang secara aktif memproduksi konten di aplikasi ini. Alhasil, keputusan tersebut cukup menarik perhatian para kreator TikTok yang akhirnya mulai memonetisasi akun milik mereka agar bisa menghasilkan uang dari video yang mereka buat.

Advertisement

Pengalaman ini secara nyata dirasakan Bagus Yusron, mahasiswa Agribisnis UPN ”Veteran’’ Jogjakarta yang juga seorang kreator TikTok, melalui akunnya @bagus.ya. Bagus mengaku mulai memasuki dunia TikTok pada Maret 2020 yang merupakan waktu pertengahan masa pandemi, ”Saat itu aku merasa ada waktu luang dan kepikiran untuk mencoba menginstal TikTok,’’ tuturnya, ”Konten yang kali pertama aku buat sendiri sebenarnya datang dari keisengan aja untuk menghabiskan waktu luang yang kuberi judul Daftar Pustaka Hack,’’ lanjutnya.

Di luar dugaan, konten video pertamanya menjadi viral dalam beberapa hari hingga mencapai angka penonton sebesar 1 juta.Setelah kontennya viral, Bagus langsung dihubungi pihak TikTok untuk di-support menjadi kreator konten edukasi dengan bergabung ke dalam komunitas yang TikTok sediakan. Wah, iseng-iseng berhadiah banget ya ceritanya! Sebagaimana halnya aplikasi lain yang dapat dimonetisasikan seperti YouTube, para kreator TikTok bisa mendapatkan uang, tapi sumbernya bukan berasal dari iklan/ads.

”Kreator TikTok bisa mendapat penghasilan dengan cara bekerja sama dengan berbagai brand. Cara lainnya adalah mengikuti kompetisi resmi yang diadakan TikTok yang biasanya menyediakan hadiah menarik,’’ jelas Bagus. Selama menjadi seorang kreator TikTok, Bagus telah memenangkan tiga kompetisi di TikTok. Yakni, peraih gold medalist di kompetisi Berbagai Ilmu, silver medalist di kompetisi Berbagi Skill, dan bronze medalist di kompetisi Master Edukasi.

Tidak hanya dijadikan sebagai platform untuk mendapatkan penghasilan, TikTok juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk kamu yang ingin membangun personal branding melalui ciri khas konten yang kamu buat. Nah, kalau kamu tertarik untuk menggeluti profesi kreator TikTok ini, Bagus punya tip dan trik, di mana yang paling penting adalah kita harus berani memulai dan mencoba,

Jangan terfokus dengan statistik angka, tapi fokuslah pada value konten yang kita buat agar bisa bermanfaat bagi orang yang melihat,’’ ungkap Bagus. Jangan cuma jadi penonton, yuk mulai jadi kreator TikTok yang profesional! (c12/mel)

Konten yang paling populer dan mengundang banyak penonton di TikTok, antara lain, entertainment, dance, beauty/skin care, dan fashion. Mengutip dari Priori Data, pengguna TikTok terbanyak berasal dari :

India (190,6 juta)
Amerika Serikat (41 juta)
Rusia (19,9 juta)
Turki (23,2 juta)

Rata-rata pendapatan yang dapat diperoleh seorang TikTokers berada di angka
Rp 2 juta–Rp 3 juta per posting-an yang bersponsor.

Jadi miliuner lewat TikTok, 5 influencer ini dinobatkan Forbes sebagai Tiktokers dengan pendapatan tertinggi:

 

TikTok, Aplikasi Tren Menghasilkan Uang

Reporter: Hadinata Salim
Editor: Agnes Dhamayanti

SIAPA sih yang tidak tahu dengan aplikasi TikTok, aplikasi para anak muda untuk menciptakan suatu konten yang bermanfaat ataupun sebagai media hiburan. Namun tahukah kamu bahwa TikTok juga bisa menghasilkan uang dari endorse suatu promosi. Bagaimana tanggapan para Zetizen Batam, yuk kita simak! (*)

F Dok. Pribadi

Tri Uci Utami
Institut Kesehatan
Mitra Bunda Persada Batam S1 Farmasi
Instagram: @triuciutami

Tiktok sebagai platfrom untuk mengeskplorasi berbagai kreativitas , tren, baik itu di kalangan muda atau tua. Tiktok sebagai platfrom untuk mengeksplorasi karya- karya yang sangat bermanfaat dan informatif (asal tidak disalahgunakan). Selain tiktok untuk ajang kreativitas, tiktok juga dapat menghasilkan uang dari video yang telah kita buat tersebut.

Saya Sangat setuju jika pihak tiktok memberikan bayaran terhadap konten kreator yang telah membuat video kreatif, inovatif. Dengan adanya aplikasi tiktok yang dapat menghasilkan uang, akan membuat para konten kreator termotivasi dalam membuat video-video yang kreatif, inovatif , positif, dan informatif tentunya 🙂 (*)

F Dok. Pribadi

Elsi Adella
Politeknik Negeri Batam
Instagram: @elsiadella19

Menurut saya sangat bagus karena dengan membuat video kreatif dan bermanfaat dapat menghasilkan uang. Apalagi di saat pandemi seperti ini melalui tiktok kita bisa menghilangkan kejenuhan di rumah, bisa belajar masak dengan melihat tutorial di tiktok. Kemudian dari situ kita bisa dipake buat inspirasi berjualan, jadi bukan hanya untuk bersenang-senang tapi bisa menghasilkan dan produktif.

Selain tutorial memasak, terdapat juga beberapa tutorial yang bisa diikuti seperti dekorasi kamar, menghias kado, dll. Sebenarnya, segala sesuatu pasti ada positif dan negatifnya, tergantung bagaimana kita memanfaatkan dan menyaring hal positif untuk dicontoh dan diambil, begitu pula dengan tiktok. (*)