Home

Ada Oknum Warga Batam yang Suka Buang Sampah Sembarangan

batampos.id – Sampah berserakan tentu bukan pemandangan yang enak dilihat. Oleh siapapun, bahkan oleh yang membuang sampah semabrangan.

Seperti foto dibawah ini.

Kenal dengan lokasi foto itu? Foto itu ada di kawasan Sekupang Tepatnya sebelah kantor Telkom. Di sisi kanan ada jalan menuju SMAN 1 Batam. Jalan rindang itu sangat tidak nyaman dilalui.

Advertisement

“Banyak yang lewat sini hanya untuk buang sampah. Padahal di sana ada tempat pembuangan, mereka malah asal lempar,” ujar Andre, warga sekitar, Selasa (5/1/2021).

Gunawan, warga lainnya berharap petugas terkait segera bertindak. Jika dibiarkan terus seperti itu, maka badan jalan akan tertutup sampah. Selain itu, bau tak sedap akan selalu keluar dari tumpukan sampah.

“Jalan ini bisa tembus ke beberapa perkantoran di Sekupang. Oleh karena itu harus cepat dibersihkan, dan jangan ada lagi yang buang sampah ke sini,” ujarnya.

Pantauan Batam Pos, tak sampai sepuluh menit, setidaknya dua orang yang datang membuang sampah di lokasi.

Sampah-sampah ini kebanyakan tergolong dalam sampah plastik dan rumah tangga, seperti bekas karung beras, bungkus minyak goreng, bahkan sepatu dan sandal.

Bukannya dibuang ke dalam TPS, sampah tersebut diletakkan secara sembarangan dan berserakan. Bahkan tempat sampah berukuran besar dibuang ke tengah jalan.

Ketika melewati jalan ini, bau busuk yang berasal dari sampah sangat tajam menusuk hidung. Syahid mengatakan sampah tersebut sudah ada beberapa hari. Biasanya petugas pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan hidup mengangkut sampah ini.

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam Faisal mengatakan, hampir setiap hari petugas DLH mengakut dan membersihkan sampah di lokasi tersebut.

Hanya saja, setiap kali dibersihkan, sampah akan kembali menumpuk, seiring rendahnya tingkat kebersihan masyarakat sekitar.

“Pagi kami angkut siang berserak lagi,” kata Faisal.

Padahal, lanjutnya disana ada TPS yang telah disiapkan. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak ke dalam TPS.

“Ini yang kami sesalkan, kadang-kadang dibuang ke pinggir jalan begitu saja. Saat ini kita sudah berkordinasi dengan petugas untuk pengakutan sampah di lokasi tersebut,” ungkap Faisal. (*)

 

 

Reporter : Rengga Yuliandra