Bintan-Pinang

Pascabanjir, Pemkab Bentuk Tim Verifikasi Bencana

Bupati Bintan Apri Sujadi usai memimpin rapat koordinasi penanganan pasca bencana banjir dan longsor di Kabupaten Bintan bersama unsur FKPD Kabupaten Bintan, di Aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Rabu (6/1/2021) siang. (F.Diskominfo Bintan untuk batampos.id)

batampos.id- Pemerintah Kabupaten Bintan menetapkan status tanggap darurat atas bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di awal tahun 2021. Hal ini disampaikan Bupati Bintan, Apri Sujadi usai memimpin rapat koordinasi penanganan pasca bencana banjir dan longsor di Kabupaten Bintan bersama unsur FKPD Kabupaten Bintan, Rabu (6/1/2021) siang di Aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan.

BACA JUGA: Bintan Zona Oranye Peta Rawan Bencana

“Hasil pembahasan tadi ditetapkan bahwa bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di awal tahun 2021 kemarin, sebagai status tanggap darurat,” ujarnya. Dalam rakor tersebut, selain memutuskan status tanggap darurat, hal yang penting lainnya pemerintah daerah akan segera membentuk tim verifikasi bencana yang akan melibatkan unsur kepolisian dan kejaksaan.

Advertisement

“Tim verifikasi bencana akan dibentuk yang melibatkan kepolisian dan kejaksaan, yang nantinya bertugas mengklasifikasikan kerusakan yang terjadi apakah rusak berat, rusak ringan dan sebagainya, karena nanti menyangkut terhadap penyaluran bantuan kepada masyarakat,” tuturnya.

Selain itu pemerintah juga akan membahas penyelesaian terhadap penanganan dan perbaikan sejumlah insfrastruktur yang rusak pasca bencana tersebut. Khususnya lagi terkait perencanaan pintu air di dua kawasan.

“Hasil penelusuran kemarin didapat bahwa kalau hanya merubah drainase itu tidak menjadi solusi kedepannya, harus dibuat pintu air karena beberapa kawasan berada di titik rendah dibandingkan pasang air laut,” tutupnya. (*)

Reporter: Slamet
Editor: tunggul