Total Football

Sulit Bersaing, Alena Pilih Tinggalkan Barcelona

Pemain Barcelona Carles Alena. (F. Barca Blaugranes)

batampos.id – Satu lagi pemain jebolan La Masia, akademi Barcelona, meninggalkan Camp Nou. Kesulitan bersaing dan mendapatkan tempat di tim utama membuat Carles Alena memutuskan untuk pergi.

Meski sempat dikabarkan akan dipinjamkan, Alena lebih memilih untuk meninggalkan Barcelona. Manajemen Blaugrana sendiri sudah memberikan lampu hijau terkait keputusan Alena.

Pemain 23 tahun jebolan akademi La Masia itu kesulitan untuk menahbiskan diri di tim utama di bawah arahan Ronald Koeman. Alena hanya satu kali turun sebagai starter dari lima penampilannya di La Liga dan Liga Champions di musim ini.

Advertisement

Karier terbaik sang gelandang untuk Barca terjadi di musim 2018/19. Saat itu Alena tampil 27 kali di semua kompetisi dalam balutan seragam Blaugrana.

BACA JUGA: Koeman Minta Barcelona Segera Beli Striker Baru

Alena menghabiskan paruh kedua musim lalu dengan dipinjamkan ke Real Betis, dan Getafe. “Alena telah mendapatkan izin dari klub untuk pergi,” kata Koeman di sesi konferensi pers jelang lawatan ke markas Athletic Bilbao.

“Ketika semuanya selesai, saya baru bisa memberi pandangan saya. Namun di luar sana ada pemain yang bisa memutuskan untuk bertahan atau tidak. Dia telah memutuskan untuk pergi,” tambahnya.

Persiapan Barca untuk kunjungan ke San Mames sempat kacau setelah ada dua kasus positif Covid-19 di kalangan staf pada Senin kemarin. Hal itu memaksa sesi latihan dan tanya jawab media ditangguhkan sampai Selasa, ketika pasukan Koeman dikonfirmasi bebas dari virus tersebut.

“Ada beberapa hal dalam hidup yang tidak bisa dikontrol,” lanjut eks pelatih Belanda tersebut. “Kami telah mengikuti protokol dengan menunda latihan pagi ini dan diikuti tes ulang PCR,” ucap dia.

“Kami hanya berharap tidak ada kasus positif lainnya. Untungnya semua pemain negatif dan kami kemudian bisa bersiap untuk pertandingan besok,” tegas Koeman.

Barca menjelang laga ini dengan menempati urutan kelima di tabel klasemen LaLiga. Barca kini tertinggal sepuluh angka di belakang Atletico Madrid yang memainkan satu laga lebih banyak.

Lebih lanjut, Koeman tidak menutup kemungkinan untuk mendatangkan pemain baru guna mengembalikan klubnya ke persaingan gelar. “Setiap tim mencari cara untuk memperkuat skuadnya di Januari,” katanya.

“Saya membuat rencana untuk melihat pemain mana yang bakal pergi dan pemain apa yang kami butuhkan. Namun jika itu tidak memungkinkan, saya akan punya skuad yang sama,” tutup Koeman. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo