Home

Wali Kota Batam Akui Kasus Covid-19 masih Bertambah, Membuka Kembali Sekolah Jadi Tantangan

batampos.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan kebijakan untuk membuka sekolah dan penerapan belajar tatap muka tergantung dari pihak sekolah. Sekolah diminta memenuhi syarat berdasarkan surat keputusan 4 menteri yang sudah ada.

“Kalau tidak dimulai, kapan lagi kita bisa berhasil keluar dari keadaan ini. Makanya saya tegaskan dari awal persetujuan orangtua, komite, dan pihak sekolah harus ada dulu. Ini syarat mutlak yang harus dipenuhi, agar tidak ada masalah,” bebernya usai menghadiri Dialog Kerukunan Beragama di Lantai IV Kantor Wali Kota Batam, Selasa (5/1/2021).

Rudi menyebutkan di tengah penambahan kasus yang masih terus bertambah ini, pembukaan sekolah memang menjadi tantangan bagi Pemerintah Kota Batam, utamanya Dinas Pendidikan yang membawahi sekolah.

Advertisement

“Makanya saya bilang tadi, kesiapan sekolah yang paling utama. Kalau mampu silakan dibuka, tapi nanti kalau ada kasus jangan salah kan saya, karena dari awal semua harus memenuhi protokol kesehatan dan mampu menyelenggarakan belajar tatap muka,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kebijakan untuk membuka sekolah dikembalikan kepada sekolah dan Dinas Pendidikan Batam. Pemerintah dalam hal akan mengawasi jalannya belajar tatap muka ini.

“Kita memastikan peserta didik ini belajar dengan baik dan aman. Sekarang kasus masih terus bertambah, meskipun jumlahnya turun. Jadi persiapan dan teknisnya yang harus dipenuhi dulu,” tegasnya.

Rudi mengaku pertemuan dengan guru beberapa waktu lalu untuk mendengarkan masukan, harapan, serta kesiapan sekolah untuk kembali belajar tatap muka di mainland.

“Hasilnya mereka sebenarnya sudah sangat ingin kembali ke sekolah, namun karena pandemi, jadi belum bisa terlaksana. Makanya perlu peran Disdik untuk memastikan sekolah memenuhi syarat yang sudah ditentukan itu,” tutupnya. (*)

Reporter : YULITAVIA
Editor : PUTUT