Total Football

Manchester City Jumpa Tottenham Hotspur di Final Piala Liga

Selebrasi gelandang Manchester City Fernandinho usai mencetak gol ke gawang Manchester United dalam semifinal Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Kamis (7/1). (F. Peter Powell/POOL/AFP)

batampos.id – Manchester City berhasil melaju ke babak final Piala Liga setelah membungkam tuan rumah Manchester United dua gol tanpa balas. Digelar di Stadion Old Trafford, Manchester, Kamis (7/1), dua gol The Citizen dilesakkan oleh Joe Stones (50′) dan Fernandinho (83′).

Hebatnya lagi dua gol ini tercipta dari skema bola mati di babak kedua. Gol pertama tercipta setelah Joe Stone berhasil meneruskan eksekusi bola mati Phil Foden.

Sedang gol kedua juga tercipta setelah pelanggaran yang dilakukan pemain United. Fernandinho yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan. Tendangannya meluncur deras ke gawang United yang dikawal Henderson.

Advertisement

Sebelum gol kedua tercipta, tercatat setidaknya City mencatatkan dua peluang emas. tetapi semuanya bisa dimentahkan oleh Henderson.

BACA JUGA: Guardiola Sebut City Raih Kemenangan Tandang Penting

Peluang pertama terjadi di menit 56 memalui tandukan Sterling. Sedang peluang kedua diraih melalui tendangan keras Riyadh Mahrez.

United bukan tanpa peluang. Dua menit awal laga berlangsung, Marcus Rashford berhasil membobol gawang City. Sayang gol ini dianulir lantaran Rashford lebih dulu berada di posisi offside.

Demikian halnya City. Tercatat dua kali wasit menganulir gol City di babak pertama lantaran sudah berada dalam posisi offside. Yakni gol Gundogan (4′) dan Phil Foden (24′).

City memang lebih dominan dalam laga semifoinal Piala Liga ini. City mencatatkan 60 persen penguasaan bola, sedang tuan rumah hanya mencatatkan 40 persen penguasaan bola.

Selain itu city mencatatkan 673 total operan, sedang Setan Merah hanya mencatatkan 440 operan. Sebanyak empat shots on goal dilakukan oleh The Citizen, sedang tuan rumah hanya mencatatkan dua shots on goal.

Kekalahan ini mengubur ambisi Setan Merah yang ingin meraih trofi pertamanya di musim ini. Padahal moralitas pemain United tengah meningkat dengan konsistensi mereka di ajang Premier League.

Bagi United, ini adalah kekalahan kedua Marcus Rashford dkk secara beruntun dari City di babak semifinal Carabao Cup.

Dengan kemenangan ini, City menghadapi Tottenham Hotspur di partai puncak Carabao Cup 2021. Tottenham sendiri sudah lebih dulu menyegel tempatnya di final, setelah berhasil mengandaskan Brenftford dua gol tanpa balas. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo