Home

FBI Minta Bantuan Warga AS Laporkan Identitas Para Perusuh di Capitol Hill

Polisi menarik mundur para pengunjuk rasa yang sempat memasuki gedung Capitol, dari dekat ruang Ohio Clock, Rabu (6/1/2021). (F Manuel Balce Ceneta/AP)

batampos.id – Biro Investigasi Federal (FBI) AS baru saja membuat form pengaduan, meminta bantuan warganya untuk melaporkan identitas para pelaku kerusuhan dan pemberontakan yang terjadi di Capitol Hill, Washington DC, Rabu (6/1/2021) waktu setempat atau Kamis (7/1/2021) malam waktu Indonesia.

BACA JUGA:
Trump Tolak Kekalahan, Kerusuhan Terjadi di Gedung Capitol AS

“FBI sedang mencari informasi yang akan membantu kami mengidentifikasi orang-orang yang secara aktif menghasut dan menjadi provokator kekerasan dan kericuhan yang terjadi di Washington DC,” demikian rilis FBI di situs resminya.

Form pengaduan bagi warga AS yang dibuat baru saja oleh FBI. (F tangkapan layar)

Tak hanya meminta bantuan identifikasi, tapi juga barang bukti berupa foto dan video mereka perlukan. “FBI menerima tip dan media digital yang menggambarkan kerusuhan dan kekerasan di Gedung Capitol AS dan daerah sekitarnya di Washington, DC, pada 6 Januari 2021,” tulisnya, Kamis (7/1/2021) malam ini.

“Untuk mengirimkan video atau foto kerusuhan, kunjungi fbi.gov/USCapitol. Untuk mengirimkan informasi, hubungi 1-800-CALL-FBI (1-800-225-5324), atau kunjungi tips.fbi.gov,” pinta FBI.

Selang beberapa waktu FBI merilis pernyataan itu, sejumlah warga Amerika pun turut berpastisipasi membantu FBI untuk mempermudah menangkap para pelaku unjuk rasa yang dianggap barbar dan meresahkan keutuhan bernegara dan berdemokrasi di Amerika Serikat. (*)

Alih bahasa: Chahaya Simanjuntak

Sumber: (1)