Internasional

Rusia Sebut Sistem Politik AS Sudah Usang

Juru Bicara Kemenlu Rusia, Maria Zakharova. (F Rusia News Agency)

batampos.id – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova meledek kejadian yang terjadi di Gedung Capitol, Washington DC, Amerika Serikat (AS) kemarin. Dia menyebutkan sistem politik di AS sudah usang dan kuno.

BACA JUGA:
Trump Hilang Kendali di Gedung Putih, Demokrat Dapat Satu Kursi Senat di Georgia

“Sistem Pemilu di AS sudah usang dan kuno. Tak memenuhi standar demokrasi modern,” ujar Maria seperti dikutip dari Aljazeera, Jumat (8/1/2021).

Advertisement

Maria menyebutkan, kerusuhan di Capitol itu adalah urusan internal AS. Namun yang jadi perhatian dunia, termasuk Rusia, adalah sistem politik negara itu yang tak sempurna. Sudah tak sesuai di masa kini.

Kepada sejumlah jurnalis di Moskow, Maria menyebutkan, sistem Pemilu AS memiliki banyak sekali pelanggaran. Apalagi, selama ini, media Amerika terlalu fokus menjadi alat perjuangan politik kelompok kedua partai, Republik dan Demokrat. Inilah yang menurut Maria menjadi alasa perpecahan di kalangan warga AS seperti yang terlihat sekarang.

“Kami berharap rakyat Amerika yang ramah ini, mampu mengatasi momen yang sangat dramatis dalam sejarah demokrasi mereka dengan bermartabat,” ujar Maria.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin juga menyebutkan ada yang salah dalam sistem Pemilu di Amerika Serikat, pada 22 November 2020 lalu. Pernyataan itu ia ungkapkan, menyusul hasil pemungutan suara yang telah berulang kali dan tanpa dasar diduga dicurangi oleh Trump.

BACA JUGA:
Dianggap Penuh Hasutan, Twitter dan Facebook Blokir Akun Donald Trump

Moskow telah lama marah pada kritik AS terhadap keadaan demokrasi Rusia di bawah Putin, menuduh Washington munafik dan merendahkan.” (Proses pemilu di AS,red) ini tentu saja tidak memberikan hak kepada siapa pun untuk menunjukkan kelemahan dalam sistem politik lain, termasuk dalam undang-undang pemilu,” sindir Putin. (*)

Alih Bahasa: Chahaya Simanjuntak

Sumber: (1)