Covid-19

BTKLPP Batam Terima Satu Unit Mobil Predator Mobile Surveilans, Fasilitas Laboratorium Bergerak

Mobil predator mobile Surveilans bantuan dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI,. (f.eusebius/batampos.id)

batampos.id– Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas I Batam menerima satu unit mobil predator mobile Surveilans bantuan dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Kamis (7/1/2021) sore. Mobil mini bus ini dilengkapi dengan peralatan laboratorium, yang mana tugasnya nanti untuk keliling atau mobile melakukan pengecekan sampel Covid-19 di Batam dan Kepri pada umumnya.

BACA JUGA: Vaksin Covid Jatah Batam akan Disimpan di BTKLPP

Kepala BTKLPP kelas I Batam Budi Santosa menuturkan, bantuan mobil Surveilans ini guna menunjang kinerja BTKLPP dalam melayani kebutuhan laboratorium terlebih pemeriksaan sampel Covid-19. Mobil ini dilengkapi dengan mesin PCR RT, automatis ekstraktif, BSC, Lamin airflow serta alat TCM dengan kecepatan pemeriksaan 100 sampai 150 sampel dalam sehari. “Lama pemeriksaan sama seperti di laboratorium 4-5 jam tergantung jumlah sampel yang ada,” ujar Budi.

Advertisement

Kehadiran Mobil Predator Mobile Surveilans, menambah peralatan pengecekan sampel Covid-19 di BTKLPP Batam. Sebelumnya BTKLPP Batam sudah memiliki tiga unit mesin PCR yang mampu mengecek sampel Covid-19 diatasi 200 sampel perhari. Penambahan mobil dan peralatan laboratorium ini tentu sangat baik untuk kelancaran proses pengecekan sampel di BTKLPP selanjutnya.

Kasubag TU BTKLPP Batam Ismail menuturkan, jumlah sampel yang masuk sepanjang Januari ini sudah mulai menurun dari tiga bulan di penghuni tahun 2020 lalu. Jumlah saat ini masih kisaran 200 sampel perhari dan Desember 2020 lalu umunya diatasi 260 sampel perhari.

“Alhamdulillah sudah mulai stabil sekarang. Meskipun masih banyak tapi agak menurun dari tahun akhir tahun 2020 lalu,” ujar Ismail. (*)

Reporter: Eusebius Sara
editor: tunggul