Metropolis

Dokter RS Elizabeth bilang Vaksin Sinovac Aman, Gaes

batampos.id – dr Ferdinan Saragih SpPD yag sehari-hari dinas di RS Elizabeth mengatakan virus Covid-19 ini adalah pandemi yang luar biasa. Virus ini juga bermutasi menjadi varian terbaru yang memilki tingkat penularan lebih cepat dari yang sebelumnya.

“Vaksin di Indonesia adalah vaksin Sinovac. Untuk vaksinasi Covid-19 kekebalan mencapai 70 persen. Masyarakat Indonesia wajib divaksin,” kata dia.

Ia menambahkan, efek samping dari vaksin memang ada, namun hingga kini belum ada yang menyebabkan kematian. Jadi masyarakat tidak usah khawatir. Tenaga kesehatan akan mengecek dan memastikan penerima vaksin layak.

Advertisement

“Jadi aman. Fase tiganya sudah dikerjakan di Indonesia. Ada kabar efek samping sampai menyebabkan kematian itu hoaks. Reaksi lokalnya paling nyeri karena bekas suntik. Reaksi sistemik paling lemas,” terangnya.

Ketua Bidang Kesehatan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan untuk pelaksanaan vaksinasi masih tahap finalisasi. Hingga kini ia bersama tim kesehatan masih menyusun data penerima vaksin Kami (14/1/2021) nanti.

“Masih dirapatkan lagi. Nanti akan dirilis nama-nams penerima vaksin pertama ini,” ungkapnya.

 

Reporter : Yulitavia