Ekonomi & Bisnis

Harga Getah Karet Naik, Petani Karet di Tapsel Semangat Menyadap Karet

Rudi Harahap Petani Karet di Dusun Huta Baru saat menyadap karet di kebun. (F. Dalil Harahap/batampos.id)

batampos.id-Rudi Harahap, 35, warga Dusun Huta Baru, Desa Pargarutan Dolok, Kecamatan Angkola Timur, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara berangkat pagi-pagi menyadap pohon karet di kebun, Senin (11/1/2021). Rudi begitu semangat melangkahkan kakinya untuk menyadap karet karena harga getah karet lumayan mengalami kenaikannya.

BACA JUGA: Kenaikan Ekspor karena Naiknya Nilai Ekspor Migas 23,77 Persen

Harga getah karet di Kabupaten Tapanuli Selatan ditingkat petani khususnya di Dusun Hutabaru, Pargarutan Dolok dalam 6 bulan terakhir merangkak naik. “Kenaikannya dari Rp 4.500 menjadi Rp7.500 dalam sekilo. Kenaikan ini di bulan 8 lalu,” katanya Rudi saat ditemui di kebunnya.

Advertisement

Walau kenaikannya tidak naik drastis, namun Rudi merasa bersyukur dengan harapan harga karet bisa terus merangkak naik. Itu harapan kami petani ini kepada pemerintah. “Dibanding bulan-bulan sebelumnya yaitu bulan 5 harga cukup anjlok dikisaran Rp 3.000 perkilogramnya ,” sebutnya.

Himpun Siregar, warga Dusun Silinggom-Linggom mengatakan, harga karet memang saat ini lagi bagus. Lumayan lah per kilogramnya sempat Rp 9.700 bulan 11 lalu. Kini perkilogramnya Rp 8.500 sampai Rp 9.000 perkilogramnya, ujarnya.

“Bertahan saja saat ini sudah syukur. Biasanya 4 bulan sampai 6 bulan nanti turun lagi. Kalau bisa janganlah begitu supaya petani karet di Tapsel ini sejahtera khusunya di Pargarutan ini, harapnya.

“Naiknya harga petani sejalan juga kondisi harga jual karet kering ke pabrik berkisar Rp 15 ribu bahkan bisa 20 ribu perkilogramnya,” katanya. Pengepul banyak masuk ke daerah Pargarutan Dolok ini. Harga per kilogramnya beda beda. Setiap nimbang getah di hari Kamis, kata Andi salah satu petani karet di kebun jauh.

Masih kata Andi Harahap, bulan 11-2020 lalu sempat 9.700 perkilogramnya tapi getah kering. Bila getah basah perkilogramnya Rp 8.000. Lebih jayanya lagi dulu itu ditahun 2017 sempat perkilogramnya sempat 22.000. bila itu kembali lagi akan makmue petani karet. Ekonomi warga jadi maju, katanya.

Mari kita doakan bersama supaya pemerintah mengabulkan doa kita. Kalau saat ini memang tergolong lumayanlah kenaikannya dibanding sebelumnya. Semoga bertahan jangan turun. Bila perlu naik teruslah harga getah karet, harapnya. (*)

Reporter : Dalil Harahap
Editor : tunggul