Covid-19

Menag: Umat Islam Jangan Ragu Vaksinasi

15 Juta Vaksin Covid-19 Tiba

Petugas bersiap menurukan kardus berisi Vaksin Covid-19 Sinovac dari dalam truk menuju cold storage di Kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur. Vaksin yang berjumlah 77760 tersebut disimpan di cold storage Dinkes Jatim. Vaksin tahap pertama akan diperuntukan untuk 139 ribu SDM Kesehatan. (Alfian Rizal/Jawa Pos)

batampos.id – Vaksin Sinovac C19 batch ketiga sebanyak 15 juta dosis hari ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Vaksin Sinovac tahap tiga ini tiba sekitar pukul 12.10 WIB menggunakan maskapai Garuda.

Menag Yaqut Cholil Qoumas pun mengatakan bahwa kedatangan vaksin Sinovac ini merupakan bentuk ikhtiar dan wujud kecintaan pemerintah kepada bangsa dan rakyat Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini sudah tiba 15 juta dosis vaksin. Vaksin ini sebagai bentuk upaya bersama dalam mencegah Covid-19,” kata dia secara virtual, Selasa (12/1).

Advertisement

Yaqut pun meminta agar seluruh masyarakat Indonesia bersedia untuk melakukan vaksinasi. Pasalnya, vaksin juga sudah dinyatakan halal dan suci oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Saya minta kepada seluruh umat beragama agar jangan ragu mengikuti vaksinasi Covid-19 dan khususnya umat Islam. Vaksin ini juga sudah ada fatwa halal dan suci,” tutur dia.

Berdasarkan fatwa MUI, vaksin Sinovac tidak tercemar babi, tidak memanfaatkan bahan dari tubuh manusia, dan tidak najis. Jadi, vaksin ini sudah dipastikan kehalalannya.

“Artinya vaksin ini boleh digunakan oleh seluruh umat Islam dan umat agama lainnya. Saya juga mengimbau kepada segenap rakyat Indonesia untuk saling melindungi karena semua agama mengajarkan itu,” tandas Menag. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim