Sport

Menang TKO, Ioka Pertahankan Gelar Juara Terbang Super-WBO

Kazuto Ioka berhasil mempertahankan sabuk juara dunia kelas terbang-super WBO. Dia mengalahkan kompatriotnya Kosei Tanaka. (F. WBO)

batampos.id – Petinju asal Jepang Kazuta Ioka berhasil mempertahankan sabuk juara dunia kelas terbang-super WBO. Dalam laga yang digelar di Ota City General Gymnasium, Tokyo, Minggu (10/1) Ioka menang TKO atas Kosei Tanaka.

Dalam laga ini Ioka bertarung solid, taktis, dan pintar. Strategi yang dilakukannya membuat Ioka berhasil mengandaskan Tanaka di ronde ke-8.

Ioka memang tampil dengan sangat sensasional. Dia berhasil bertahan dari serangan-serangan tajam Tanaka yang berusia enam tahun lebih muda darinya.

Advertisement

Ioka berduel dengan tenang, dingin, sabar, dan selalu konsisten dengan dengan game plan-nya. Dia tidak terpengaruh dengan agresifitas Tanaka yang konsisten menekannya sejak ronde pertama.

Di ronde kedelapan, Ioka berhasil menghajar Tanaka lewat kombinasi pukulan jab kanan dan kiri yang sangat keras. Hasilnya, Ioka sempat limbung. Dalam posisi tertunduk, Ioka terus memburu lawannya.

BACA JUGA: Hancurkan Petarung No 1, Juara Dunia Sejati, Jadi Petinju Terbaik 2020

Petarung 31 tahun itu tidak membiarkan Tanaka yang berusia enam tahun lebih muda darinya tersebut untuk bangkit.

Hasil dari kegigihan Ioka membuahkan hasil. Melihat Tanaka dihajar dengan beringas, wasit akhirnya menghentikan pertarungan dan memberikan kemenangan TKO kepada Ioka saat ronde delapan berlangsung 1 menit dan 35 detik.

Dengan kemenangan ini, Ioka berhasil mempertahankan sabuk juara dunia kelas terbang-super WBO untuk kali kedua. Pada 31 Desember 2019, Ioka untuk kali pertama berhasil menjaga sabuk juara dunia tetap melingkar di pinggangnya. Dia sukses mengalahkan petinju asal Kuba Jeyvier Cintron lewat keputusan mutlak juri dalam 12 ronde.

Ioka meraih sabuk juara dunia kelas terbang-super WBO dengan mengalahkan petinju Filipina Aston Palicte lewat TKO ronde ke-10 pada 19 Juni 2019.

Ioka sendiri bukan petinju sembarangan. Dia adalah petarung yang pernah memegang empat sabuk juara dunia di empat divisi berbeda.

Publik tinju dunia berharap suatu saat Ioaka akan berhadapan dengan juara dunia kelas bantam WBA, IBF, dan The Ring, Sang Monster, Naoya Inoue. Jika itu terealisasi, maka pertarungan tersebut akan menjadi duel terbesar dalam sejarah tinju Jepang.

Inoue yang punya catatan rekor sempurna, 20-0, pernah menjadi juara dunia di kelas terbang-ringan, terbang-super, dan kelas bantam.

Sementara itu, Ioka pernah menjadi juara dunia di kelas minimumweight, terbang-ringan, kelas terbang, dan kelas terbang-super. Keduanya adalah petarung yang sangat fantastis.

Dan jika suatu hari bisa berduel, maka diprediksi itu adalah pertarungan yang sangat epik. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung