Karimun

Perusda Karimun Bantu Pedagang, Lewat Program Stroberi BRI dalam Proses Pembayaran Sewa Kios

Pedagang pasar teluk uma ketika mendengarkan sosialisasi stroberi tagigan dan kasir BRI. Yang sekarang sudah dapat dimanfaatkan (f,BRI Cabang Tanjung Balai Karimununtuk batampos.id)

batampos.id – Dalam rangka membantu proses pembayaran dan tagihan sewa menyewa pedagang yang menyewa kios di pasar Teluk Uma, Perusda Karimun sebagai pengelola pasar telah melakukan kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tanjung Balai Karimun untuk mempermudah proses pembayaran.

BACA JUGA: BRI Batam Center Serahkan Mobil Hadiah Undian Simpedes ke Nasabah

”Alhamdulillah, sudah berjalan empat bulan. Respon para pedagang cukup bagus, namun harus perlu terus dilakukan sosialisasi kepada mereka,” jelas M Soleh kepala unit pasar Perusda Karimun, Selasa (12/1/2021). Nama program pembayaran secara non tunai yaitu stroberi tagihan dan kasir BRI. Dengan, sudah berjalannya kerjasama BRI Cabang Tanjung Balai Karimun sampai sekarang ini. Sudah sangat membantu dan mempermudah bagi pedagang maupun pengelola pasar dalam pembayaran.

Advertisement

”Nah, pilot projeknya di pasar Teluk Uma. Tapi, kita tetap masih menerima tunai dalam pembayaran sewa kios. Dan, rencananya kedepan akan diberlakukan keseluruhan dipasar yang dikelola oleh Perusda Karimun. Untuk pembayaran sewa kios,” ungkapnya.

Masih kata Soleh lagi, untuk jumlah pedagang dipasar Teluk Uma ada 190 pedagang. Dan, yang sudah memanfaatkan program pembayaran non tunai melalui stroberi tagihan dan kasir BRI sekitar 80 pedagang. Namun, yang benar-benar aktif baru 60 pedagang dan sisanya masih melakukan penbayaran secara tunai.

”Kita tetap perbolehkan pembayaran secara tunai. Maklum saja, tidak semua pedagan itu mengerti tentang perbankan. Yang jelas, ketika tanggal 20 ke atas ada petugas BRI yang buka di pasar untuk proses pembayaran sewa kios oleh pedagang,” tuturnya.

Terpisah Kepala Cabang BRI Tanjung Balai Karimun Rachmat Utomo ketika dikonfirmasi menjelaskan, program stroberi tagihan dan kasir adalah sebuah layanan solusi transaksi elektronik terpadu yang dikhususkan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM. Dengan adanya layanan transaksi digital kepada UMKM bisa menjadi jawaban permasalahan administrasi dan finansial diekosistem
UMKM itu sendiri.

”Melalui program stroberi tagihan dan kasir BRI, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah. Dalam mewujudkan, pelayanan kepada masyarakat berbasis teknologi atau dikenal dengan istilah Digital Melayani (Dilan),” jelasnya.

Para pedagang yang ada di pasar Teluk Uma, salah satu pelaku UMKM juga yang bisa memanfaatkan Dilan. Artinya, mereka bisa belajar membayar non tunai melalui berbagai aplikasi yang ada di BRI secara mandiri. Termasuk, bagi pengelola pasar dalam hal ini Perusda Karimun juga bisa mendapatkan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh BRI. Seperti, kemudahan monitoring pedagang yang ada di pasar, pengelolaan tagihan, pembayaran tagihan melalui e-channel yang tersedia.

”Paling penting adalah, bagaimana pelaku UMKM atau pedagang pasar itu bisa melakukan transaksi secara non tunai,” kata Rachmat lagi. (*)

Reporter : Tri Haryono
Editor : Tunggul