Zetizen

Singkat, tapi Menyayat

batampos.id – Pernah dengar tentang If Anything Happens I Love You? Kalau kamu main TikTok, pasti sempat melihat judul film pendek ini sebagai hashtag yang viral. Oleh karena itu, sejak dirilis November lalu, film animasi garapan Will McCormack dan Michael Govier ini berhasil menduduki peringkat kedua sebagai film yang paling banyak ditonton di Netflix sedunia hanya dalam kurun waktu satu minggu! No, keberhasilan ini bukan hanya karena TikTok, melainkan juga kualitas film itu sendiri.

Ifanythinghappensiloveyou

Dalam video-video TikTok yang diberi hashtag #ifanythinghappensiloveyou, orang-orang mengklaim bahwa nggak akan ada yang bisa menonton tanpa menangis. Yup, film ini akan membuatmu menangis for good! Dengan durasi hanya dua belas menit, semua orang awalnya skeptic bahwa If Anything Happens I Love You bisa sebagus itu.

Film ini dibuka dengan pasangan yang tengah menikmati makan malam dengan posisi duduk saling berjauhan. Hal ini jelas menunjukkan adanya gap dalam komunikasi mereka. Nggak heran karena mereka terisolasi dalam rasa duka sebagai bayangan dari konflik yang menimpa pasangan tersebut. Apakah pernikahan mereka berakhir? Apa yang salah dari hubungan ini?

Advertisement

Adegan-adegan berikutnya menunjukkan mereka berkeliling di dalam rumah dan mengamati bercak cat kering pada dinding dan sebuah pemutar musik di atas lantai yang diputar tanpa sengaja oleh kucing mereka. Ceritanya menjadi jelas: mereka baru saja kehilangan seseorang.

”Cukup banyak orang yang menghubungi kami setelah menontonnya. Mungkin ribuan. Mereka juga pernah kehilangan seseorang. Sebagai storytellers, pengalaman ini sungguh sangat berharga bagi kami. If Anything Happens I Love You merupakan sebuah cathartic experience,’’ jelas McCormack kepada Collin Souter seperti dilansir Roger Ebert.

Stylist

Film yang delicate dan haunting ini sungguh menyuguhkan cerita yang powerful. Sambil diajak menilik masa lalu, penonton seakan menyelam lebih dalam dan memahami secara perlahan penyebab tragedinya. Oleh karena itu, If Anything Happens I Love You ini cocok sebagai bahan diskusi. Eits, tapi kamu mungkin membutuhkan beberapa waktu to keep yourself together berkat emosi yang muncul setelah menontonnya. Gaya animasi dua dimensinya pun sangat cocok membalut kisah berbobot yang disuguhkan.

Sebagai film animasi tanpa dialog, musik menjadi unsur yang sangat penting. Untuk itu, McCormack dan Govier memercayakannya kepada Lindsay Marcus yang mengubah sebagian besar musik dalam If Anything Happens I Love You.

”Ada data statistik yang memprihatinkan bagi kami. Yakni, hanya 6 persen film composers yang perempuan. Untuk film berdurasi dua belas menit, Marcus membuat delapan menit lebih,’’ kata McCormack. Selain itu, mereka melibatkan Inner-City Youth Orchestra asal Los Angeles, Amerika Serikat, untuk musik berjudul Beautiful Dreamer. Benar-benar diperhatikan secara detail lho! (c12/rat)

Dolla Dicap Tiru BLACKPINK

Netflix

GIRL group Korea Selatan? Ah, sudah biasa. Bagaimana kalau girl group asal negara tetangga, Malaysia? Nah, jarang dengar kan. Oleh karena itu, kemunculan girl group Dolla yang beranggota Sabrina Rusli, Angeline Chai, Norsyasya Shahrizal, dan Tabitha Lam cukup bikin gempar.

Apalagi, mereka berempat dianggap meniru BLACKPINK, salah satu girl group papan atas di Negeri Ginseng.

”Aku bisa memahami orang-orang yang menganggap penampilan dan gaya kami mirip BLACKPINK. Tapi, itu cuma kebetulan kok. Kami berusaha membuat identitas sendiri sebagai sebuah girl group dan Malaysia nggak punya banyak (girl group, Red) juga,’’ ujar Sabrina saat konferensi pers seperti dilansir Coconuts KL.

Dolla baru dibentuk tahun lalu, tiga tahun setelah Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo dikenal secara luas, dan melakukan debut pada Maret tahun ini. Berada di bawah naungan label Universal Music Malaysia, single pertama Dolla yang berjudul Dolla Make You Wanna sudah ditonton sebanyak tiga juta kali di YouTube. Sementara itu, single keduanya, Impikan, sudah ditonton dua juta kali dalam kurun waktu satu bulan. Wow, prestasinya nggak main-main lho!
Anggapan bahwa Dolla meniru BLACKPINK mungkin dilandasi pengamatan sekilas akan girl group yang berusia 19 sampai 25 tahun itu. Sebab, dilihat dari jumlah personel, Dolla dan BLACKPINK sama-sama memiliki empat anggota. Selain itu, Dolla sempat membuat video dance cover How You Like That dari BLACKPINK di channel YouTube-nya. Mungkin Dolla hanya terinspirasi Jennie dan kawan-kawan nih. Yuk, positive thinking! (c12/rat)

Film Pendek yang Menyentuh

If Anything Happens I Love You

Reporter: Hadinata Salim
Editor : Agnes Dhamayanti

SIAPA yang tidak tahu cerita pendek yang berjudul If Anything Happens I Love You? Cerita pendek yang tayang pada bulan November lalu itu menjadi trending karena ceritanya yang menyentuh hati. Bagaimana sih tanggapan para Zets? Skuy simak! (*)

F Dok. Pribadi

Hilda Khoiria Puspita Arum
SMKN 4 Batam
Instagram: @hildapuspita_36

Menurut aku film ini bikin banyak orang berkomentar positif. Tersentuh karena jalan ceritanya, yang mengisahkan suami istri yang kehilangan puterinya.
Dan juga sebuah animasi pendek dengan cerita singkat yang sederhana selama 12 menit. (*)

 

 

F Dok. Pribadi

Nisriani Uswatunnisa
Politeknik Negeri Batam
Instagram: @nisaswt

If anything happens I love you, menjadi trend di TikTok short animation karena mampu menggiring penonton ikut merasakan kepiluan yang terjadi dari ilustrasi yang disuguhkan. Dengan art-style yang minimalis serta dipadu penggunaan warna netral, film pendek ini mengilustrasikan kesedihan yang tak bisa diungkapkan oleh keluarga yang kehilangan orang tersayang dalam penembakan massal.

Menurut aku, short animation ini berhasil menyampaikan maknanya dengan sangat apik. So, yuk ditonton untuk meningkatkan mass shooting awareness! (*)