Covid-19

11.120 Vaksin Covid-19 Tiba di Batam

Vaksinator Covid-19 tiba di Batam, Rabu (13/1/2021). Vaksin ini nantinya akan disimpan di Dinas Kesehatan Kota Batam. (F. Kapolsek KKP Budi Hartono untuk Batam Pos)

batampos.id – Sebanyak 11.120 vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Kota Batam pada Rabu (13/1/2021). Vaksin yang diambil dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri itu tiba di Batam sekitar pukul 14.30 WIB dan disimpan di Gedung Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam.

Vaksin Sinovac Covid-19 tiba di Batam melalui Pelabuhan ASDP, Roro Telaga Punggur, Batam. Vaksin sebanyak 11.120 pieces itu dimuat dalam 6 koli menggunakan 1 unit mobil box lori dan 1 unit mobil box pick up itu menggunakan kapal KMP. Barau.

Kedatangan vaksin itu dikawal langsung Kapolsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Kota Batam, AKP Budi Hartono.

Advertisement

“Vaksin sudah tiba di Batam, tadi diangkut langsung menggunakan dua mobil box,” ujar Budi.

Setelah vaksin tiba di pelabuhan ASDP Roro langsung dijemput oleh FKPD Kota Batam dan kemudian dilakukan prees rilis oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

“Vaksin Covid 19 saat ini sudah sampai di Kota Batam dalam keadaan lengkap dan baik. Vaksin selanjutkan akan di antarkan ke Gedung Dinas Kesehatan yang berada di Sekupang Kota Batam,” terang AKP Budi.

Sementara itu Kepala Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Batam Asep Zaenal mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang akan menjadi vaksinator Covid-19. Targetnya, sebanyak lima orang Vaksinator untuk setiap puskesmas.

“Kita sudah siapkan, saat ini baru 2 orang di setiap puskesmas. Targetnya 5 orang per puskesmas. Tanggal 21 ini kita akan latih tenaga kesehatan Vaksinator lagi,” ujarnya.

Selain untuk wilayah Batam, tenaga kesehatan Vaksinator juga sudah disiapkan untuk berbagai daerah di Indonesia.

Disebutnya, persiapan vaksinasi Covid-19 hampir rampung. Pemerintah terus melatih petugas untuk menjadi vaksinator. Mereka lah nantinya yang akan menyuntikkan vaksin kepada warga.

“Untuk mensukseskan pemberikan vaksin yang baik dan aman, maka diperlukan tenaga vaksinator Covid-19 yang kompeten, Bapelkes Kemenkes RI Batam mendapat tugas bersama Bapelkes UPT Kemenkes lainnya untuk melaksanakan Pelatihan Vaksinator Covid-19,” tambah Asep.

Asep menyampaikan sasaran pelatihan Vaksinator Covid-19 ini adalah terwujudnya SDM Kesehatan yang memenuhi standar kompetensi sebagai pelaksana program vaksinasi Covid-19. Sehingga peserta mampu menjelaskan epidemiologi dan patofisiologi Covid-19, melakukan strategi komunikasi, advokasi dan sosial mobilisasi.

Selain itu para peserta juga diminta mampu melakukan microplanning Imunisasi, melakukan pengelolaan rantai dingin vaksin dan pelayanan imunisasi, serta melakukan pencatatan dan pelaporan Imunisasi.

“Kita harapkan dengan pelatihan ini para Vaksinator juga mampu memonitoring dan evaluasi penyelenggaraan imunisasi serta melakukan surveilans kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI),” ungkap Asep. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak