Metropolis

Cuaca Buruk, Satu Rumah Tertimpa Longsor di Tibankampung

Tim Polsek Sekupang saat evakuasi longsor di kawasan Tibankampung, Rabu (13/1/2021) dini hari. (F Polsek Sekupang untuk Batam Pos)

batampos.id – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Batam mengakibatkan satu rumah di Tiban Kampung, Sekupang tertimpa longsor, Selasa (12/1) malam.

BACA JUGA:
5 Rumah Rusak akibat Tanah Longsor Lokasi Masih Rawan, Warga Dilarang Mendekat

“Kejadiannya semalam, satu rumah di wilayah Tiban Kampung tertimpa tanah longsor,” ujar Kapolsek Sekupang AKP Yudi Arvian, Rabu (13/1/2021).

Advertisement

Derasnya hujan yang disertai angin tersebut membuat rumah tersebut rata dengan tanah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun kerugian material bangunan diprediksi mencapai puluhan juta.

“Usai mendapat informasi malam tadi, kita langsung turun ke lokasi,” kata Yudi.

Di hari yang sama, angin kencang atau puting beliung menghantam dua rumah di kampung Bukit RT 02/RW 16, Kelurahan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang. Rumah milik keluarga almarhum Mulyadi dan Andi ini porak poranda sebab atap rumah mereka terangkat dan terbang dibawa angin.

Kerusakan ringan juga terjadi pada rumah keluarga Lukman di tengah dua rumah yang rusak berat itu. Sebab, tertimpa atap rumah keluarga almarhum Mulyadi. Rumah keluarga Lukman lebih rendah sehingga luput dari hantaman puting beliung. Puting beliung terjadi saat hujan gerimis di wilayah Tanjungriau.

“Di Tanjungriau kita juga sudah cek ke lokasi dan ada dua rumah yang terdampak. Tidak ada korban jiwa,” ungkap Yudi.

Selain itu hujan deras juga membuat pohon pelindung jalan di depan Kantor Kecamatan Sekupang tumbang ke jalan raya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun akibat tumbangnya pohon itu membuat akses jalan menjadi terganggu.

Pantauan di lokasi tampak sejumlah petugas Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertamanan membersihkan batang pohon yang tumbang. Selain itu aparat kepolisian dari Polsek Sekupang tampak membantu membersihkan sisa pohon tumbang tersebut. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak