Total Football

Gol Pogba Bawa Manchester United ke Puncak Klasemen

Selebrasi gelandang Manchester United Paul Pogba usai mencetak gol kemenangan Setan Merah saat melawat ke Stadion Turf Moor, kandang Burnley, Rabu (13/1). (F. Clive Brunskill/POOL/AFP)

batampos.id – Gol Paul Pogba ke gawang Burnley mengantarkan Manchester United ke puncak klasemen sementara Premier League. Dalam laga yang digelar di Stadion Turf Moor, Rabu (13/1) United menundukkan Burnley dengan skor 0-1.

Dengan tiga poin yang diraih Setan Merah saat bertandang ke Burnley ini, kini United mengoleksi 36 poin dari 17 laga. United unggul tiga poin dari Liverpool yang mengoleksi 33 poin.

Tak hanya itu, Setan Merah juga mencatatkan rekor baru. United merupakan satu-satunya tim yang tidak terkalahkan di kandang lawan di musim Liga Primer kali ini. Mereka memenangkan enam dari tujuh pertandingan terakhirnya.

Advertisement

Di menit awal, tuan rumah Burnley mengambil inisiatif serangan dengan mewakilkan Robbie Brady. Akan tetapi, tendangan yang dilepaskannya masih melambung ke atas mistar gawang United.

Sebaliknya, tim tamu juga memiliki peluangnya melalui Bruno Fernandes di menit ke-17. Sayang upayanya menyambut umpan silang Luke Shaw bisa diamankan kiper Nick Pope.

BACA JUGA: Soslkjaer Tegaskan United Tak Bergerak di Bursa Transfer Musim Dingin

United sempat mencetak gol pembuka di partai ini lewat Harry Maguire sembilan menit jelang turun minum. Tapi gol itu dianulir VAR karena Maguire dianggap melanggar Erik Pieters terlebih dulu.

Memasuki babak kedua, Setan Merah mulai coba keluar untuk lebih menyerang dan mendapatkan beberapa peluang emas di depan gawang. Kesempatan demi kesempatan yang diperoleh Edinson Cavani, Anthony Martial dan Marcus Rashford. Sayang belum satupun yang menghasilkan gol.

United baru unggul saat laga memasuki menit ke-71. Gol ini tercipta melalui tendangan voli Paul Pogba menyambut umpan silang Rashford. Sepakan Pogba sempat mengenai Matthew Lowton sebelum akhirnya menembus gawang Pope.

Opta mencatat, Rashford kini telah terlibat 11 gol dalam 14 penampilan terakhirnya di Liga Primer. Rashy, sebutan Rashford, berkontribusi dengan enam gol dan lima assist.

Setelah unggul satu gol, United bermain lebih hati-hati dan mencoba bertahan. Hal itu dimanfaatkan Burnley untuk mengurung pertahanan United.

Manajer Sean Dyche memasukkan penyerang Matej Vydra menggantikan Chris Wood di menit ke-80 untuk menambah daya gedor. Pemain timnas Republik Ceko itu mencatatkan tiga peluang emas. Sayang semuanya hanya menghasilkan tendangan gawang.

Ini adalah kali pertama Manchester United berada di puncak klasemen setelah melewati 17 pertandingan. Terakhir kali mereka dalam posisi ini terjadi pada musim 2012/13 silam. Itu adalah musim terakhir Sir Alex Ferguson menjabat, dan United keluar sebagai juara.

Selanjutnya Setan Merah akan menghadapi Liverpool secara beruntun. Pertemuan pertama dalam lanjutan Premier League, akhir pekan nanti. Dan disambung dengan putaran keempat Piala FA. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo