Ekonomi & Bisnis

Harga Emas Masih Menurun

ILUSTRASI: Pegawai toko emas Banda Baru di Megamall Batamcenter menyusun emas yang akan dijual. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.id – Pergerakan harga emas kembali mengalami penurunan secara global, sejak akhir 2020 sampai Januari 2021. Seperti dikutip di papan informasi Toko Mas Banda Baru Mega Mall, Batam Center. Harga emas jenis logam mulai diharga jual Rp 853 ribu dan harga beli Rp 847 ribu.

”Harga emas, iya kembali mengalami penurunan sejak akhir pekan lalu sekitar Rp 12 ribu, di mana sebelumnya menyentuh Rp 865 ribu. Hal ini pula yang membuat konsumen untuk membeli sebab harga emas lagi turun,” ucap Manajer Toko Mas Banda Baru Mega Mall, Abdul Kalid, Selasa (12/1).

Ia menyebutkan, kondisi tersebut kerap terjadi semasa pergantian tahun menuju awal 2021. Harga emas sempat melambung pada Agustus silam, hal tersebut membuat masyarakat menjualnya. Kini harga emas 24 karat berat sampai 45 gram harga jual di Rp 895 ribu, dan harga beli Rp 847 ribu.

Advertisement

Sedangkan emas 24 K dengan berat dari 18 sampai 40 gram dengan harga jual Rp 904 ribu harga jual dan harga beli Rp 847 ribu.

BACA JUGA: Harga Emas Turun Rp 25 Ribu di Banda Baru

”Seminggu ini kebanyakan masyarakat tukar tambah. Hal ini terjadi sejak Desember lalu,” jelasnya.

Adapun produk yang masih diminati yaitu 24 K, jenis cincin dan kalung. Ia menyebutkan harga per gram emas antam akan berbeda tergantung berat batangnya. Perbedaan ini karena ada biaya tambahan untuk pencetakan sehingga harga per gram emas Antam batang kecil lebih mahal dari batang yang lebih besar.
Sementara itu, rata-rata masyarakat lebih memilih menjual sebagian emasnya dan sisanya ditukar dengan emas lebih kecil gramnya.

”Kebanyakan tukar tambah sih. Barangnya dijual, uangnya diambil sebagian. Lalu, dibelikan emas kembali. Kalau yang dijual semua, ada tapi jarang,” tutup Abdul. (*)

Reporter: Azis Maulana
Editor: Suprizal Tanjung