Kepri

Ingin Kurangin Beban Pemerintah, Kadisdik Kepri Targetkan SMK jadi BLUD

Muhammad Dali, saat foto, masker dilepas (f.jailani/batampos.id)

batampos.id – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Muhammad Dali bertekad untuk menjadikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Kepri menjadi unit bisnis melalui program Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sekolah. Menurut Dali, sampai sejauh ini sudah ada beberapa SMK yang sudah memenuhi standar untuk menjadi BLUD SMK.

BACA JUGA: SMK 1 Batam dan SMK Muhammadiyah jadi Percontohan Penerapan BLUD

“Di Batam ada SMK Negeri 1 Batam, sedangkan di Tanjungpinang ada SMK Negeri 3 yang merupakan SMK tertua di Provinsi Kepri. Sedangkan SMK Swasta ada SMK Kartini yang mendekati kriteria untuk menjadi SMK BLUD” ujar Muhammad Dali, Selasa (12/1/2021)

Advertisement

Mantan Kepala Bidang (Kabid) SMK Disdik Kepri tersebut menjelaskan, SMK Negeri 1 sudah menyandang status sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi, Tempat Uji Kompetensi. Selain itu, sekolah tersebut juga sudah memiliki kelas industri bersama panasonic, dan sneider. Menurut Dali, setidaknya pada tahun 2021 ini adalah satu SMK BLUD di Provinsi Kepri.

“Kita tertinggal dengan daerah lain seperti Jawa Timur yang sudah memiliki sembilan SMK BLUD. Maka dari itu, tekad kami ada badan hukum SMK BLUD yang terbentuk pada tahun 2021 ini,” jelas Dali.

Dijelaskan Dali, SMK itu memiliki sembilan bidang yang masing-masing memiliki keunggulan. Diantaranya adalah teknologi informasi, pariwisata perhotelan, bisnis manajemen, seni dan kreatif, pertambangan dan energi, agri bisnis, dan kemaritiman. Masih kata Dali, di Kepri saat ini ada 104 SMK. “Apabila program BLUD SMK ini terlaksana, SMK akan bisa mandiri dan bisa mengurangi beban pemerintah daerah,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, maka dari itu, untuk SMK mulai melakukan inventarisir sumberdaya yang ada. Apa yang kurang, menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan untuk mensuport. Begitu juga apabila ada alat-alat praktik yang rusak, tentu akan diganti untuk menunjang terlaksana penerapan BLUD SMK di Provinsi Kepri.

“Kita berharap tentunya program strategis ini mendapatkan dukungan. Sehingga SMK-SMK yang ada di Kepri ini benar-benar bisa mandiri. Karena yang menentukan adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Maka sebelum diusulkan benar-benar harus dipersiapkan dengan matang,” tutup Dali. (*)

Reporter: Jailani
Editor: tunggul