Total Football

Joan Laporta Berpeluang Besar Jadi Presiden Barcelona

Kandidat Presiden Barcelona Joan Laporta. (F. Eurosport)

batampos.id – Nama Joan Laporta menyeruak di antara empat nama coalon presiden Barcelona. Laporta yang paling punya peluang besar untuk memimpin Blaugrana.

Empat nama calon saat ini berebut suara untuk menjadi Presiden Barcelona. Empat nama itu adalah Joan Laporta, Victor Font, Toni Frexia, dan Emili Rousaud.

Senin (11/1), empat kandidat ini bersaing untuk mendapatkan dukungan dari Socios. Dan Laporta memimpin setelah mengantongi suara dukungan terbanyak. Pemilihan Presiden Barcelona sendiri akan dilangsungkan Minggu (24/1) mendatang.

Advertisement

Laporta, sebelumnya pernah menjabat sebagai presiden pada periode antara 2003 dan 2010, mendapat 10.272 tanda tangan. Jauh di depan 4.713 milik Font, 2.822 milik Frexia dan 2.510 milik Rousand.

Validasi dari tanda tangan dukungan tersebut akan dimulai pada Selasa (12/1). Konfirmasi final dari para kandidat akan diumumkan pada Kamis (14/1).

BACA JUGA: Koeman Sebut Peran Messi di Barcelona Tak Tergantikan

Sejumlah capres lainnya, Jordi Farre, Xavier Vilajoana, Agusti Benedito, Luis Fernandez Ala, dan Pere Riera tidak mampu melanjutkan kampanye. Mereka gagal memenuhi ambang batas 2.257 tanda tangan.

Jumlah yang kecil dikumpulkan oleh Rousand, membuat namanya kemungkinan besar tersisih dalam proses berikutnya. Barca pekan lalu meratifikasi 24 Januari sebagai tanggal pemilihan presiden klub. Meskipun ada seruan untuk ditunda di tengah meningkatnya kasus virus corona.

Wilayah Catalunya baru-baru ini memberlakukan pembatasan baru dalam upaya memperlambat penyebaran infeksi Covid-19. Selain itu juga dilakukan pengetatan selama 10 hari mulai 7 Januari.

Meskipun tidak mengganggu tanggal pemilihan, ada tuntutan yang meningkat agar pemilihan itu ditunda. Pasalnya muncul kekhawatiran beberapa anggota tidak dapat memilih.

Namun Barca pada akhir pekan lalu mengkonfirmasi bahwa tanggal 24 Januari. Barca juga menyebut jika “semua prosedur” telah diterima oleh otoritas setempat.

Barcelona saat ini dipimpin oleh Carlos Tusquets sebagai presiden interim. Ini setelah pengunduran diri mantan supremo klub, Josep Maria Bartomeu. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo