Kepri

Vaksinasi Covid di Natuna Dimulai Bulan Depan

Tim gugus tugas melakukan rapat persiapan vaksinisasi yang di Natuna, Senin (11/1/2021). (F. Sholeh Ariyanto/batampos.id)

batampos.id – Berdasarkan hasil rapat, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Natuna dilakukan Februari 2021, Natuna mendapatkan kuota vaksin ditahap pertama ini sekitar 1.080 vaksin yang akan diperuntukan bagi tenaga kesehatan dan pejabat.

BACA JUGA: Batam, Pinang, dan Bintan Daerah Pertama Dapat Vaksin Covid

Hal itu dikatakan Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit(P2P) Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah usai rapat terkait persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yang digelar di ruang rapat kantor bupati, di Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Kecamatan Bunguran timur.

Advertisement

Hikmat menjelaskan, berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal P2P, untuk vaksinasi Covid-19 tahap pertama diberikan kepada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Saat ditanyai terkait vaksin untuk tahap ke dua, dirinya memaparkan bahwa ada dua sub-kategori yang ditetapkan pemerintah dalam melangsungkan program vaksinasi.

“Yakni 17,4 juta untuk petugas publik dan 21,5 juta untuk lansia. Tenaga kesehatan kita ada sekitar 819 orang, sisanya untuk para pejabat daerah,” tambahnya Selasa(12/1).

Untuk target vaksinasi ketiga adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi dan yang keempat yaitu, masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin. “Pelaksanaan persiapan vaksinasi di Kabupaten Natuna akan dilaksanakan rapat teknis,” pungkas jubir gugus tugas Kabupaten Natuna tersebut. (*)

Reporter : Sholeh ariyanto
Editor : tunggul