Metropolis

Waspada Cuaca Buruk, KSOP Prioritaskan Keselamatan Penumpang

Kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang, cuaca ekstrim beberapa hari terkahir belum berdampak terhadap arus pelayaran. (F . Rengga Yuliandra/Batam Pos)

batampos.id – Kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang, cuaca ekstrim beberapa hari terkahir belum berdampak terhadap arus pelayaran. F . Rengga

“Dengan kondisi cuaca beberapa hari ini, kita minta agen kapal tetap mengutamakan dan memprioritaskan keselamatan para penumpang,” ujar Humas KSOP Batam Aina Solmidas, Selasa (12/1/2021).

Selain itu, himbauan BMKG juga perlu diperhatikan. Jangan sampai agen kapal tidak mengetahui kondisi cuaca pada saat berlayar. Selain itu kondisi kesiapan kapal yang berlayar juga harus diperhatikan.

Advertisement

Aina menambahkan, sejauh ini kondisi hujan disertai angin kencang di perairan Batam beberapa hari terakhir, belum mempengaruhi arus pelayaran di sejumlah pelabuhan di Kota Batam. Pelayaran kapal antar pulau hingga antar provinsi saat ini masih terus beroperasi seperti sediakala.

Tidak ada penundaan pelayaran ataupun pembatalan keberangkatan akibat cuaca.

“Masih seperti biasa, tidak ada kendala. Tak ada penundaan pelayaran. Kapal dari setiap pelabuhan baik domestik dan internasional Masih tetap berlayar,” ujar Aina.

Dikatakannya walau kondisi cuaca sepanjang hari diguyur hujan, pelayaran kapal masih terbilang stabil. Begitu juga dengan jarak pandang pelayaran dan kondisi gelombang sampai saat ini masih layak untuk kapal yang akan berlayar.

“Masih layak, baik pelayaran di Punggur maupun Pelabuhan Sekupang,” sebut Aina.

Sementara itu petugas keselamatan berlayar, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Romi Lesmana mengatakan arus pelayaran di Pelabuhan Sekupang masih normal dan terkendali.

Menurutnya, belasan kapal di pelabuhan Domestik Sekupang masih terus beroperasi seperti biasanya. “Hari ini ada 15 pelayaran kapal yang dijadwalkan beroperasi tujuan antar pulau. Belum ada penghentian operasi pelayaran, kapal masih tetap berlayar,” kata Romi.

Namun jika cuaca terus memburuk, kata dia jika tidak memungkinkan pihaknya mengeluarkan penyetopan pelayaran.

“Selagi jarak pandang pelayaran masih dapat dipantau lebih dari 0,5 mill dan gelombang masih bisa dilalui tidak jadi masalah bagi pelayaran,” ucapnya.

Bahkan hingga kini, KSOP tidak ada membatasi jumlah penumpang yang akan diangkut kapal. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak