Covid-19

217 Vaksinator Covid-19 Disiapkan di Batam

Bapelkes Batam memberi pelatihan vaksinator Covid-19 terhadap tenaga kesehatan dari Sumatera Barat di Sekupang, Snin (7/12/2020) lalu. Di Batam sendiri dibutuhkan 217 vaksinator. (F Rengga Yuliandra/Batam Pos)

batampos.id – Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Batam terus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk vaksinasi virus Corona (Covid-19) di Batam. Ada 160 Vaksinator yang akan disiapkan.

BACA JUGA:
500 Tenaga Medis RSBP Batam Segera Disuntik Vaksin
Vaksinator Terlatih Siap Suntikan Vaksin Covid-19 Dua Dosis Jeda 2 Minggu

“Target kita di Batam ada 217 orang Vaksinator. Baik itu yang ada di Puskesmas maupun rumah sakit,” ujar Kepala Bapelkes Kota Batam Asep Zaenal, Kamis (14/1/2021).

Advertisement

Petugas Vaksinator ini lanjutnya, akan dibagi masing-masing lima orang di setiap puskesmas, 10 orang tenaga Vaksinator di setiap rumah sakit dan 10 orang di KKP Kelas I Batam dan BTKLPP Kelas I Batam.

“Rumah sakit kita siapkan 88 orang, KKP dan BTKL-PP 10 orang dan 105 Vaksinator di puskesmas. Totalnya 160 Vaksinator yang akan kita disiapkan,” tambah Asep.

Disebutnya, saat ini Bapelkes Kota Batam sudah melatih 57 orang tenaga Vaksinator. Mereka disebar di 21 Puskesmas yang ada di Kota Batam dengan rincian masing-masing puskesmas dua orang tenaga Vaksinator.

Pelatihan Vaksinator ini nantinya akan dilanjutkan kembali pada 21 Januari 2021 di Bapelkes Batam. Sementara rencana tambahan untuk Kota Batam, peserta pelatihan Vaksinator sebanyak 160 orang.

“Tanggal 21 ini kita akan latih 160 tenaga Vaksinator lagi,” tambah Asep.

Ditambahnya, proses vaksinasi tahap awal diperuntukan untuk tenaga kesehatan dan dilanjutkan dengan masyarakat usia l8 hingga 59 tahun. Sementara mereka yang berumur 60 tahun ke atas akan divaksin setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok umur tersebut. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak