Internasional

Bandara Changi dan Raffles City Jadi Pusat Vaksinasi di Singapura

Terminal 4 Bandara Changi di Singapura, Kawasan ini digunakan menjadi salah satu pusat vaksinasi nasional di Singapura. ( F Changi Airport Group)

batampos.id – Singapura menetapkan delapan pusat vaksinasi massal. Dua diantaranya adalah tempat publik, yakni Terminal 4 Bandara Internasional Changi dan juga Raffles City Convention Center.

BACA JUGA:
Ups, Singapura Pakai Vaksin Sinovac Juga kok
Klaster Kampus Nihil, Aktivitas Perkuliahan Singapura Kembali Aktif

Kedua tempat ini telah beroperasi. Lebih dari 6.200 warga Singapura telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama sejak negara itu memulai vaksinasi pekan lalu.

Advertisement

Khusus di pusat vaksinasi Changi, Tim Gugus Tugas Singapura juga memberi pelatihan kepada staf Singapore Airlines yang memenuhi syarat. Mereka adalah awak kabin dan pilot di ruang kedatangan Terminal 4 Bandara Changi.

Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong menyebutkan, selain Changi dan Raffles City, dua tempat lainnya yakni kawasan bekas sekolah Hong Kah di Jurong, dan juga Woodlands Galaxy Comunity Club di kawasan Woodlands. “Empat pusat lainnya yang telah kami tetapkan akan beroperasi mulai Februari mendatang,” ujar Kim Yong seperti dilansir dari The Straits Times, Kamis (14/1/2021).

Gan Kim Yong menyebutkan, pusat vaksinasi ini dibuka karena negara itu ingin mereka bisa menangani dengan baik virus SarsCoV-2, sehingga Singapura bisa bebas dari Covid-19. “Secara progressif, kami akan banyak membuka pusat vaksinasi. Kami memperluas program vaksinasi ini sehingga bisa tertangani secara cepat,” ujar Ketua Gugus Tugas Covid-19 Multi-Kementerian Singapura ini.

Gan Kim Yong sendiri telah menerima vaksin Covid-19 tahap pertama bersama dengan ketua satuan tugas Lawrence Wong. Mereka menerima vaksin bersama dengan para pegawai panti jompo.

Dalam kesempatan itu, ia mendesak warga Singapura supaya mau divaksin saat tiba jadwalnya. “Laju vaksinasi ditingkatkan mulai minggu ini, dengan hampir 2.800 vaksinasi dijalankan. Makin banyak warga divaksin, makin terbuka lebar peluang pusat bisnis dan ekonomi negara berjalan aktif kembali,” tegasnya.

Program vaksinasi nasional Singapura dimulai pada 30 Desember 2020 lalu yang dimulai dengan tenaga medis garda tedepan, pegawai rumah sakit umum dan swasta, petugas karantina, dan juga lansia.

Vaksin Pfizer-BioNTech menjadi vaksin yang dipakai di Singapura saat ini. Jika semua kebijakan berjalan sesuai rencana, Singapura akan memiliki cukup vaksin untuk memvaksinasi semua warganya pada kuartal ketiga tahun ini dengan mendatangkan dua vaksin jenis lainnya, yakni perusahaan bioteknologi AS Moderna dan Sinovac dari Tiongkok. (*)

Alih bahasa: Chahaya Simanjuntak

Sumber: (1)